Lari Berlebihan Buruk untuk Kesehatan Lari berlebihan ternyata tidak selalu baik bagi kesehatan. (Foto Pexels@Pixabay)

LARI kabarnya jadi salah satu olahraga yang sangat baik untuk dilakukan. Sayangnya segala sesuatu yang terlalu berlebihan tidak selalu berakhir baik. Lari berlebihan amat buruk untuk kesehatan.

Ada tiga masalah kesehatan yang akan muncul jika terlalu sering berlari. Apa saja?

Baca juga:

Yuk Mulai Rutin Jogging!

1. Membuat kulit menua

Paparan sinar matahari ketika berlari di luar membuat kulit menua. (Foto Pexels/Tirachard Kumtanom)

Berlari memang punya segudang manfaat bagi kesehatan. Demikian laporan laman The List. Mulai dari meningkatkan kesehatan jantung, memproduksi endorfin untuk memperbaiki suasana hati, dan tentunya membakar banyak kalori.

Namun di balik itu semua, berlari terlalu banyak malah membuat kita jadi terlihat tua lho. Itu karena ketika berlari di luar ruangan kulitmu langsung terpapar sinar matahari.

Selain berbahaya buat kesehatan kulit, sinar UV dari matahari membuat kulit menua. Makanya penting banget memakai tabir surya ketika sedang berolahraga.

2. Berbahaya bagi otot

Lari berlebihan malah menyebabkan masalah pada otot. (Foto: Pexels/Dominika Roseclay)

Mindy Solkin, seorang pelatih di New York, menyebutkan bahwa berlari terlalu sering akan menyebabkan otot, sendi, dan ligamen menjadi tegang. Jika bukan untuk berkompetisi, kamu sebaiknya hanya boleh berlari tiga atau empat hari dalam seminggu.

Tidak hanya itu, olahraga ini ternyata hanya bermanfaat untuk kardio saja, bukan untuk menambah otot. Ada beberapa kekurangan dari berlari terlalu sering menurut Nico Algieri, co-founder Equilibrium Gym.

Baca juga:

3 Latihan Dasar Berfungsi Meningkatkan Kemampuan Berlari

Pertama massa ototmu akan menjadi rendah. Hal ini akan membuatmu jadi tidak punya kekuatan lebih. Hasilnya daya tahan ototmu menjadi lemah ketika sedang mengangkat beberapa benda berat.

Kemudian mobilitas dan fleksibilitas tubuhmu juga akan memburuk. Algieri menyarankan untuk melakukan beberapa variasi olahraga. Ada hari ketika kamu memang perlu berlari, namun keesokan harinya gantilah dengan olahraga yang ditujukan untuk melatih kekuatan otot. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan manfaat maksimal dari segala jenis olahraga.

3. Menyebabkan masalah pada jantung

Menimbulkan masalah pada kesehatan jantung. (Foto: Pexels/Ketut Subiyanto)

Laman NPR menyebutkan lari terlalu sering akan menimbulkan fibrosis yang membuat detak jantung jadi tidak teratur. Olahraga berkepanjangan juga dapat menyebabkan stres oksidatif.

Artinya, penumpukan radikal bebas yang dapat mengikat kolesterol justru akan menyebabkan plak di arteri. Hal ini tentunya malah jadi membuat masalah baru pada kesehatan jantungmu.

Jadi bukannya tidak boleh berlari tapi pastikan lakukan olahraga ini dengan dosis yang tepat ya. Soalnya jika dilakukan berlebihan, bukannya untung malah buntung. (sam)

Baca juga:

Lari Pagi Efektif Menurunkan Berat Badan? Ini Kata Dokter

Kredit : samantha_samsuddin


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH