Larang Pemain Gabung ke Klub Malaysia, AFC Selidiki Dugaan Pelanggaran Regulasi PSSI Evan Dimas saat memperkuat Bhayangkara FC. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

MerahPutih.com - Pernyataan Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi yang mengisyaratkan tidak memberi izin Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyin ke Selangor FA, Malaysia berbuntut panjang. Konfederasi Sepak Bola Asia, AFC, berencana menyelidiki kasus pelarangan tersebut. AFC akan bakal menelisik ada atau tidaknya pelanggaran regulasi yang dilakukan PSSI.

Tarik ulur kepindahan Evan dan Ilham masih terjadi saat ini. Karenanya, sampai saat ini kedua pemain itu belum bergabung bersama tim The Red Giants, julukan Selangor FA.

Pelarangan Edy tersebut lantaran sang jenderal khawatir Evan Dimas dan Ilham Udin tidak dilepas oleh The Red Giants untuk melakukan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23. Padahal, Timnas U-23 dipatok target tinggi. Yakni berada di posisi empat besar Asian Games 2018.

Ilham Udin dan Evan Dimas pegang jersey Selangor FA. Foto: @mulymunial

"Kabarnya aksi (pelarangan) tersebut lebih kepada pemain Indonesia untuk memperkuat tim nasional mereka. Saya pikir itu tergantung kepada sang pemain untuk memutuskan. Namun, tidak ada tindakan yang bisa dilakukan saat ini karena baru diajukan," ujar Sekjen AFC Datuk Windsor Paul John seperti dilansir Berita Harian.

"Jika regulasi tersebut sedang diatur (oleh PSSI), AFC harus terlebih dulu melihat apa arti dari regulasi tersebut. Jika terbukti melanggar peraturan FIFA dan AFC, kami dapat memulai penyelidikan karena pemain bebas untuk bermain di klub mana pun dan di negara mana pun," lanjutnya.

Jika nantinya AFC melihat ada pelanggaran, kasus ini akan dibawa ke Induk Sepak Bola Dunia, FIFA. Tak menutup kemungkinan, PSSI akan terkena sanksi. (*/BolaSkor)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH