Larang Mudik Akhir Tahun, Menko PMK: Tidak Usah Beli Tiket

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 27 Oktober 2021
Larang Mudik Akhir Tahun, Menko PMK: Tidak Usah Beli Tiket
Menko PMK Muhadjir Effendy. ANTARA/HO-Kemenko PMK

Merahputih.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau masyarakat agar tidak mudik pada akhir tahun.

Hal itu demi mencegah peningkatan mobilitas yang mampu menyebabkan lonjakan penularan COVID-19.

Baca Juga:

Wapres Ma'ruf Buka-bukaan Alasan Geser Libur Maulid Nabi

"Sementara jangan punya rencana mudik. Jadi tidak usah beli tiket dulu," ujarnya kepada awak media, Rabu (27/10).

Kemungkinan pemerintah bakal memperketat pembatasan aktivitas warga menjelang akhir tahun guna mencegah mobilitas warga seperti tahun lalu. "Ini demi keselamatan dan kemaslahatan masyarakat Indonesia," tuturnya.

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy melakukan kunjungan kerja di Solo, Kamis (2/9). (MP/Ismail)
Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy (berbatik kuning) melakukan kunjungan kerja di Solo, Kamis (2/9). (MP/Ismail)

Pemerintah sendiri sudah menghapus cuti bersama menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (nataru) guna menekan pergerakan warga. "Nataru tidak ada cuti, libur tanggal merah kan hari Sabtu semua itu," ucapnya.

Baca Juga:

Geser Libur Maulid Nabi, Wapres tak Mau Indonesia Terperosok lagi seperti India

Menurutnya, pemerintah sudah mengantisipasi kemungkinan terjadinya peningkatan penularan COVID-19 akibat peningkatan pergerakan warga pada akhir tahun.

"Nataru ini kalau kita loss tanpa ada pembatasan atau aturan, biasanya diikuti dengan pergerakan orang besar-besaran dari satu tempat ke tempat yang lain. Kemudian pasti akan dibarengi dengan kasus COVID-19," tuturnya. (Knu)

#Muhadjir Effendy #Libur Natal #Libur Natal Dan Tahun Baru
Bagikan
Bagikan