Laporkan 'Fake Account' di Instagram untuk Dukung Bisnis Teman Banyak penipuan yang menggunakan fake account (Foto: researchsniper)

INSTAGRAM menjadi media sosial yang popularitasnya terus meningkat. Terutama sejak pandemi, banyak orang menjalankan bisnis hingga jasa lewat aplikasi yang satu ini.

Laporkan 'Fake Account' di Instagram untuk Dukung Bisnis Teman
Sejak pandemi, banyak orang mulai bisnis makanan di Instagram. (unsplash/@charlesdeluvio)

Sayangnya akibat popularitas ini, Cyber Insurance menulis bahwa Instagram telah menjadi pilihan utama bagi peretas untuk mencuri foto, identitas, dan melakukan aktivitas kriminal tanpa pernah diketahui pihak asli apa yang terjadi. Modus ini disebut Instagram impersonating dan ini adalah masalah yang berkembang.

Instagram impersonating menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh para selebriti, tokoh besar, juga pebisnis.

Laporkan 'Fake Account' di Instagram untuk Dukung Bisnis Teman
Akun penyamaran bisa merusak bisnis asli temanmu. (unsplash/@gerogiadelotz)

Melansir laman Follows, akun penyamaran atau fake account di Instagram bisa sangat berbahaya bagi bisnis seseorang dan pelanggannya.

Orang yang mengira mereka mengikuti akun asli akan mempercayai akun palsu tersebut, kemudian pelakunya memiliki peluang untuk menyebabkan 'kerusakan' untuk bisnis atau usaha seseorang.

Baca juga:

3 Cara Mendukung Bisnis Teman Biar Makin Laris

"Mungkin mereka menawarkan penjualan palsu dan mencuri informasi pribadi. Mungkin mereka akan meminta untuk mengkonfirmasi identitas mereka melalui kartu kredit mereka. Mungkin mereka hanya menyebarkan informasi yang salah dan membuat kamu terlihat buruk," tulis Follows.

Laporkan 'Fake Account' di Instagram untuk Dukung Bisnis Teman
Lindungi bisnis temanmu dengan memantau akun-akun penyamaran. (unsplash/@cbpsc1)

Nah, sebagai teman yang baik dan ingin membantu bisnis teman, kamu melakukannya dengan selalu memantau dan melaporkan akun palsu yang mengatasnamakan bisnis temanmu di media sosial.

Jika kamu menemukan akun yang sepertinya berpura-pura menjadi bisnis temanmu, jangan langsung melaporkan akun tersebut.

Pertama kamu harus lakukan adalah menghubungi temanmu. Siapa tahu, akun tersebut adalah second account atau akun cadangan milik temanmu.

Jika sudah mendapatkan konfirmasi dari temanmu, kamu bisa menyarankan temanmu untuk mengisi formulir yang disediakan Instagram untuk mengatasi masalah akun penyamaran ini. Formulirnya dapat ditemukan di Help.instagram.com.

Jika hal itu cukup merepotkan, kamu tetap bisa bantu melaporkan fake account tersebut. Caranya, buka profil akun palsu lalu klik icon tiga titik kesamping yang ada pada pojok kanan atas.

Setelah itu klik tulisan 'Laporkan', lalu klik tulisan 'ini tidak pantas'. Berikutnya klik 'laporkan akun' dan kamu akan menemukan tulisan 'ini berpura-pura menjadi orang lain'.

Baca juga:

Teman Sejati Enggak Minta 'Harga Teman'

Selain melaporkan fake account yang merugikan, kamu bisa bantu menginformasikan followers-mu bahwa ada akun palsu yang berpura-pura menjadi bisnis temanmu.

Kemudian tampilkan akun bisnis temanmu yang sebenarnya. Kamu juga boleh ajak followers-mu untuk bantu melaporkan akun palsu tersebut dengan cara yang sama.

Sarankan temanmu untuk mencantumkan akun-akun resmi bisnisnya di media sosial miliknya. Agar followers bisnis temanmu tidak gampang tertipu jika menemukan fake account yang mencoba mengambil keuntungan dengan modus ini. (lev)

Baca juga:

Gaya Baru Belanja di Masa Pandemi



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH