Laporan Paradise Papers, Tommy Soeharto Miliki Saham di Lamborghini Tommy Soeharto saat di CFD Solo (Foto: MP/Win)

MerahPutih,com - International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) merilis daftar kekayaan orang-orang terkaya dan berpengaruh di dunia. Dari Indonesia ada nama Tommy Soeharto dan Mamiek Soeharto

Data itu dipaparkan melalui Paradise Paper yang membocorkan 13,4 juta file dari perusahaan jasa hukum, Appleby. Media Jerman, Süddeutsche Zeitung yang pertama kali mempublikasikan data ini.

Database klien Appleby mencantumkan alamat yang sama untuk Asia Market Investments. Perusahaan ini berdiri pada 1997 dan tutup tahun 2000. Tommy merupakan direktur di perusahaan tersebut.

Selain Asia Market, Tommy juga memiliki perusahaan bernama V Power Corp yang terdaftar di Bahama. Perusahaan itu juga memegang saham di perusahaan mobil sport mewah Italia Lamborghini, berdasarkan data Securities and Exchange Commission.

Data Appleby menjelaskan bahwa perusahaan itu merupakan hasil patungan dari anak perusahaan Humpuss dan NLD, satu perusahaan periklanan di Australia. Menurut sebuah laporan pada tahun 1997, perusahaan itu memiliki konsesi untuk pasang papan reklame pinggir jalan di negara bagian Victoria, Filipina, Malaysia, Myanmar dan China.

Perusahaan ini ditutup di Bermuda pada tahun 2003 dan dicatat oleh Appleby sebagai "debitur buruk"

Sementara itu, Mamiek Soeharto merupakan wakil presiden Golden Spike Pasiriaman Ltd, dan pemilik Golden Spike South Sumatra Ltd. Perusahaan ini juga dimiliki oleh Maher Algadri, eksekutif bisnis di Kodel Group.

Kedua perusahaan tersebut terdaftar di Bermuda pada 1990-an dan sekarang telah ditutup.

Menanggapi bocornya data klien tersebut, Appleby berkomentar santai.

"Tidak ada bukti bahwa kami dan perusahaan klien kami bersalah. Kami tidak akan menolerir pelanggaran hukum," katanya seperti dikutip dari BBC.

Sampai saat ini, MerahPutih.com, belum mendapatkan tanggapan dari pihak Tommy Soeharto.



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH