Laporan Ditolak Bareskrim, Ini Langkah Suropati terhadap Telkom Menkominfo Rudiantara (kiri) bersama Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga dalam keterangan Layanan Satelit Telkom 1 di Kantor Kemenkoinfo, Jakarta, Rabu (30/8). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

MerahPutih.com - Lembaga Swadaya Masyarakat atas nama Solidaritas untuk Pergerakan Aktivis Indonesia (Suropati) membuat laporkan ke Bareskrim Polri Mabes Polri terkait offline-nya PT Telkom yang berujung pada erornya ribuan mesin ATM.

Koordinator Suropati Aditya Iskandar mengungkapkan, laporan yang hendak dibuat hari ini dipicu oleh adanya dugaan sejumlah kejanggalan terkait gangguan pada satelit PT Telkom.

"Saya tetap merasa menduga bahwa problem offline satelit ini banyak janggalnya. Misalnya dari rekam jejak digital argumentasi PT Telkom yang tidak konsisten dengan segala macam," kata Aditya di Kantor Bareskrim, Gedung KKP, Jakpus, Senin (4/9).

Menurut Aditya, argumentasi pihak Telkom terkait faktor satelit eror merupakan tindakan yang tidak konsisten.

"Bahwa kerusakan terjadi akibat usia satelit yang sudah menginjak 18 tahun atau karena pergeseran antena hingga slot orbit yang kosong," ungkapnya.

Libih lanjut, ia juga mempertanyakan simpang siur pergantian atau migrasi sistem billing yang katanya melibatkan tindakan penghapusan data pelanggan.

"Ini kan harus diklarifikasi PT Telkom karena kalau isu ini berkembang kan nama baik PT Telkom juga akan rusak. Saya ingin nama baik BUMN yang kita banggakan ini benar-benar bersih jangan terganggu," tuturnya.

Meski demikian, laporan tersebut belum diterima oleh pihak Bareskrim. Mereka disarankan menemui pihak Telkom terlebih dahulu untuk mengkonfirmasi terkait isu-isu yang dipertanyakan.

"Belum diterima. Nanti saya akan diskusi dulu ke Telkom. Terus, nanti terkait isu-isu di media juga akan saya klarifikasi ke Telkom, Divisi Cyber, bahwa apakah ada beberapa media itu yang hoax atau gimana kan harus dibuktikan," tutup Aditya. (Asp)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Satelit Telkom-1, Kau Pergi Tanpa Pesan


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH