Laporan BPBD DKI, 150 RT di Jakarta Terendam Banjir

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 08 Februari 2021
Laporan BPBD DKI, 150 RT di Jakarta Terendam Banjir
Relawan PMI Kota Jakarta Selatan menyiapkan makan di dapur umum untuk warga terdampak banjir, Senin (8/2/2021). (ANTARA/HO-PMI Jakarta Selatan)

MerahPutih.com - Hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya menyebabkan banjir di sejumlah titik. BPBD DKI melaporkan total terdapat 42 RW dengan 150 RT terdampak banjir.

Lokasi yang terendam banjir tersebar di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Plt Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Sabdo Kurnianto memaparkan, untuk wilayah Jakarta Selatan, meliputi 4 kecamatan dan 7 kelurahan, 17 RW dan 38 RT dengan ketinggian 40 - 190 cm. Adapun jumlah pengungsi sebanyak 30 KK dengan total 304 jiwa.

Baca Juga:

Pengungsi Banjir di Kampung Dalam Cawang Dibagi ke 5 Lokasi

Sedangkan untuk Jakarta Timur, meliputi 25 RW dan 112 RT dengan ketinggian 40 - 275 cm.

"Tingginya curah hujan di hulu menyebabkan luapan Kali Sunter dan Kali Ciliwung. Jadi, warga yang tinggal di sekitar kali terdampak luapan tersebut," ungkap Sabdo di Jakarta.

Pengungsi korban banjir di Kampung Dalam, Cawang, Bidara Cina, Jakarta Timur, Senin (8/2). Foto: MP/Asropih
Pengungsi korban banjir di Kampung Dalam, Cawang, Bidara Cina, Jakarta Timur, Senin (8/2). Foto: MP/Asropih



Sabdo menyampaikan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Adapun jumlah pengungsi sebanyak 193 KK dengan total 725 jiwa. Sebanyak 14 lokasi pengungsian telah digunakan.

"Pengerahan petugas sudah dilakukan bersama Dinas Sumber Daya Air, Damkar, dan PPSU kelurahan agar air cepat surut. Sedangkan, untuk hujan lokal di daerah Jakarta, dampak genangannya sudah surut," ujarnya.

Baca Juga:

230 Pengungsi Banjir di Kampung Melayu Belum Terima Bantuan Makanan

BPBD DKI juga telah mendistribusikan sejumlah bantuan, yaitu ban dalam/pelampung, matras, selimut, masker kain, air mineral, dan kebutuhan anak.

BPBD DKI pun mengeluarkan panduan kesiapsiagaan menghadapi banjir bagi masyarakat yang dapat diunduh melalui https://bit.ly/PanduanKesiapsiagaanMenghadapiBanjirJakarta. (Asp)

Baca Juga:

Sejumlah Ruas Jalan di Jakarta Terpaksa Dialihkan Akibat Banjir

#Banjir Jakarta #Banjir
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan