Kuliner

Lapis Serawak, Kue Paling Rumit di Dunia

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 30 November 2021
Lapis Serawak, Kue Paling Rumit di Dunia
Lapis Serawak, salah satu kue paling rumit untuk dibuat. (Foto: Instagram/@kitchen_confidante)

LAPIS Sarawak adalah kue tradisional Malaysia yang terkenal dengan tampilan kaleidoskopik rumit dan membutuhkan proses yang melelahkan dalam pembuatannya. Lahir di negara bagian Sarawak sekitar 1970an, kue ini cukup banyak diangkat menjadi sebuah bentuk seni.

Proses pembuatan kue Lapis Sarawak dapat memakan waktu antara empat hingga delapan jam, tergantung pada kerumitan desain dan keterampilal pembuatnya.

Baca juga:

Kisah si Kue Pembawa Pesan Keberuntungan

Proses melelahkan ini dimulai dengan memanggang lapisan lembut yang nantinya akan mengembang saat di panggang. Lapisan adonan berwarna ditambahkan secara bertahap, dengan setiap lapisan menghabiskan sekitar 10 menit dalam oven.

Trik dasar membuat Lapis Sarawak adalah memotong lapisan dan menyusunnya kembali dalam pola yang rumit, dengan merekatkannya menggunakan selai atau susu kental sebagai perekat.

Seorang pembuat Lapis Sarawak berpengalaman pernah mengatakan kepada laman Atlas Obscura, bahwa membuat kelezatan Malaysia ini bisa sangat sulit bagi mereka yang belum tahu, karena satu kesalahan saja dapat merusak desain sepenuhnya.

“Bagi saya, itu mudah,” kata Jennifer Chen yang telah membuat Lapis Sarawak sejak 1980an. Dengan semua pengalamannya selama bertahun-tahun, menggambar diagram di atas kertas saat merencanakan desain kuenya, desainnya masih bisa menjadi buruk. Untungnya, ia memiliki keterampilan dan pengalaman untuk mengulang semuanya dalam pola baru.

Baca juga:

Festival Kue Bulan 2021, Intip Kreasi Paling Unik dan Kreatif

“Kamu perlu memikirkan polanya,” ujar Chen. “Misalnya kamu ingin membuat kek lapis Cadbury. Kamu perlu tahu cara meletakkan cokelat Cadbury di tengah, agar kue tidak pecah. Ini sangat susah memang. Sekali kamu membuat kesalahan, itu akan menjadi kurang indah saat di lihat,” jelasnya.

Karena kerumitan, waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya, dan fakta bahwa segala sesuatunya harus dilakukan dengan tangan, Kue Lapis Sarawak dianggap sebagai salah satu kue yang paling sulit untuk dibuat. Menjadikannya sebuah tantangan, bahkan bagi pembuat kue yang sudah berpengalaman.

Lapis Serawak juga termasuk makanan penutup yang relatif mahal di Malaysia. Kue dengan desain menawan ini bisa dijual dengan harga mencapai USD 60 atau sekitar Rp 854 ribu per potong. (jhn)

Baca juga:

Makanan di Drama Korea Sukses Bikin Penonton Ngiler

#Kue #Kue Unik #Kuliner #Kuliner Malaysia #Malaysia #Makanan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan