Lapas Perempuan Pertama di Kalsel Diresmikan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 04 Mei 2017
Lapas Perempuan Pertama di Kalsel Diresmikan
Lapas Wanita Klas IIA Palembang, Sumatera Selatan. (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA khusus narapidana maupun tahanan perempuan pertama di Kalimantan Selatan diresmikan penggunaannya. Persemian dilakukan Plh Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Kemas HZ, Rabu (3/5).

Peresmian LPP sementara masih menempati bangunan samping Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas IA Martapura.

"Kami resmikan LPP yang pertama di Kalsel ini dengan harapan seluruh warga binaan khusus perempuan mendapatkan pembinaan yang baik sesuai standar," ujar Kemaz HZ.

Ia mengatakan, meski pun secara fisik bangunan LPP masih berada di lingkungan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura, tetapi sudah diusulkan pembangunan lapas baru.

Usulan bangunan LPP terletak di areal pembinaan pertambakan disamping LPKA Kelas I Martapura yang terletak di Jalan Pintu Air, Kecamatan Martapura Kota.

"Kami berharap usulan disetujui dan pembangunan gedung baru bisa dimulai sehingga mampu menampung seluruh narapidana dan tahanan perempuan di lembaga khusus," ungkapnya.

Sementara itu, jumlah narapidana/tahanan perempuan sebanyak 400 orang yang terdiri dari narapidana perempuan dewasa 380 orang dan anak perempuan 2 orang dan 18 tahanan perempuan.

"Formasi pejabat untuk mendukung operasional LPP telah dilantik Kepala LPP Yunengsih serta 5 orang eselon IV dan 8 orang eselon V untuk mengisi formasi pejabat," katanya.

Sumber: ANTARA

#Lapas #Kalimantan Selatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan