Lapar Terus Menerus? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Mengatasinya Lapar terus menerus (Sumber: Pixabay/reidy68)

APAKAH kamu lapar terus menerus? Sebenarnya ini bukan hal serius, namun terkadang bisa mengganggu bahkan menjengkelkan. Bagaimana tidak, mengonsumsi makanan yang terkendali tentu akan mempengaruhi timbunan lemakmu. Alhasil tubuh sempurna tak akan didapat jika masalah lapar terus menerus tak segera diatasi.

Merasa lapar terus menerus disebabkan banyak faktor seperti stres, ketidakseimbangan hormon, kadar gula darah rendah, efek samping obat-obatan tertentu dan lain sebagainya. Namun dari itu semua, hormon memainkan peran penting dalam ini. Hormon tersebut memiliki dua macam, pertama ghrelin dan kedua leptin.

Ghrelin akan menyebabkan kelaparan dengan mengirimkan sinyal ke otak. Sementara leptin bertanggung jawab untuk menekan nafsu makan. Karena itu, sangat penting bagi kamu untuk mengonsumsi makanan yang membantu meningkatkan kadar leptin dan menurunkan kadar ghrelin.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini 5 makanan yang bisa mengendalikan kadar leptin dan ghrelin.

1. Telur

Telur (Sumber: Pixabay/stevepb)
Telur (Sumber: Pixabay/stevepb)

Berbagai penelitian telah mengungkapkan, mengonsumsi telur saat sarapan pagi akan menekan hormon ghrelin. Efeknya, kamu bisa merasa kurang lapar di siang hari dan juga mengonsumsi lebih sedikit kalori.

2. Wortel

Wortel (Sumber: Pixabay/1195798)
Wortel (Sumber: Pixabay/1195798)

Kaya akan serat dan karotenoid, mengonsumsi wortel sebagai camilan di sela-sela waktu makan dapat membantu mengurangi produksi asam di lambung dan mengurangi rasa lapar.

3. Raspberry

Raspberry (Sumber: Pixabay/congerdesign)
Raspberry (Sumber: Pixabay/congerdesign)

Mengonsumsi sekitar 30 g berry lezat diketahui membuat kamu kenyang untuk waktu yang lama. Hal itu karena raspberry kaya akan serat dan makronutrien.

4. Oat

Oat (Sumber: Pixabay/Pezibear)
Oat (Sumber: Pixabay/Pezibear)

Mengonsumsi oat saat sarapan akan memberimu rasa puas sehingga meningkatkan hormon leptin.Oat mengandung serat tidak larut yang mengisi perut kamu dan membantu produksi asam lemak yang dikenal sebagai butirat. Tak hanya itu, kandungan karbohidrat dalam oatmeal dapat membuat kamu kenyang lebih lama.

5. Alpukat

Alpukat (Sumber: Pixabay/stevepb)
Alpukat (Sumber: Pixabay/stevepb)

Dianggap sebagai salah satu buah tersehat, alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan. Hal itu karena alpukat mengandung antioksidan. Tak hanya itu, ia dapat mengurangi produksi asam pencernaan di lambung sehingga menekan rasa lapar.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH