Lanjutkan Misi Perdamaian, Presiden Jokowi Bertolak ke Moskow Temui Putin

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 30 Juni 2022
Lanjutkan Misi Perdamaian, Presiden Jokowi Bertolak ke Moskow Temui Putin
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan langsung bertolak ke Bandara Vnukovo II di Moskow, Rusia dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia 1, Kamis (30/6). Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr

MerahPutih.com - Setelah menempuh perjalanan selama 11 jam dari Kiev dengan Kereta Luar Biasa (KLB), Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Stasiun Przemysl Glowny, Kota Przemysl, Polandia, Kamis (30/6) pukul 06.30 waktu setempat.

Berdasarkan keterangan resmi Setkab, dari stasiun Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas langsung menuju Bandara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia.

Baca Juga

Didatangi Langsung Jokowi, Pemerintah Ukraina Ungkapkan Rasa Terima Kasih

Jokowi dan rombongan langsung bertolak ke Bandara Vnukovo II di Moskow, Rusia dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

Pada siang harinya, Presiden dijadwalkan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan ke Moskow yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Adapun lawatan Presiden Jokowi ke Rusia membawa misi perdamaian, seperti halnya dengan lawatannya ke Kiev, Ukraina, untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kiev.

Baca Juga

MUI dan Muhammadiyah Dukung Langkah Jokowi Damaikan Rusia dan Ukraina

Dalam pertemuan dengan Presiden Zelenskyy, Jokowi menyampaikan kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap Ukraina.

Kepada Zelenskyy, Jokowi juga menegaskan posisi Indonesia menghormati kedaulatan dan integritas wilayah.

Meskipun sulit dicapai, Jokowi juga menyampaikan pentingnya penyelesaian masalah antara Ukraina dan Rusia dengan damai, serta menyampaikan bahwa spirit perdamaian tidak boleh luntur.

Jokowi juga menawarkan diri untuk membawa pesan dari Zelenskyy kepada Vladimir Putin. (Knu)

Baca Juga

Jokowi Pastikan Bawa Pesan Presiden Ukraina ke Putin

#Presiden Jokowi #Vladimir Putin #Rusia
Bagikan
Bagikan