Melihat Langkah-Langkah yang Akan Dilakukan Tim Teknis Pengungkapan Kasus Novel Teatrikal penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan saat melakukan aksi damai di halaman gedung KPK, Jakarta, Selasa (20/9). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah menandatangani surat perintah tugas bagi tim teknis pengungkapan kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan. Dengan begitu, tim akan segera melaksanakan tugasnya.

Karopemmas Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, untuk mengungkap kasus itu tim setidaknya telah mempersiapkan beberapa hal uang akan dilaksanakan.

Baca Juga: Tim Gabungan Laporkan Progres Kasus Novel Baswedan ke KPK

Pertama, memeriksa tempat kejadian perkara. Tempat itu sebenarnya sudah pernah diperiksa oleh polisi ketika kasus Novel ditangani Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Tim Pencari Fakta (TPF) Novel Baswedan. (Foto: MP/Kanu)
Tim Pencari Fakta (TPF) Novel Baswedan. (Foto: MP/Kanu)

"Namun dalam peristiwa pidana, lazim saja tempat kejadian perkara (TKP) diperiksa berkali-kali. Ini untuk memaksimalkan temuan-temuan sebelumnya," kata Dedi di Jakarta, Selasa (31/7).

Kedua, tim akan memeriksa kembali 70 saksi, yang sebelumnya juga sudah pernah diperiksa penyidik Polda Metro Jaya. Keterangan saksi akan dikelompokkan berdasarkan pengetahuannya atas kasus Novel.

Ketiga, tim akan kembali memeriksa puluhan televisi sirkuit tertutup (CCTV) yang ada di TKP, di luar TKP, dan yang berkaitan dengan TKP.

Keempat, tim akan kembali memeriksa sketsa wajah terduga pelaku yang pernah dipublikasikan oleh Polda Metro Jaya.

Dalam proses pemeriksaan, tim teknis bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. (Knu)

Baca Juga: Kasus Novel Baswedan Diminta Jadi Materi Seleksi Capim KPK


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH