Otomotif
Langkah Tepat Menghentikan Laju Mobil saat Pecah Ban Kenali langkah tepat saat mengalami pecah ban di jalan (Foto: pixabay/mikes-photography)

KETIKA pecah ban saat mobil melaju, banyak orang yang secara refleks menginjak pedal rem. Padahal, bila langsung melakukannya, mobil bisa mengalami perubahan arah yang drastis dan sulit dikendalikan.

Keseimbangan mobil yang terganggu karena pecah ban semakin sulit diprediksi arahnya. Hal itu lantaran perubahan gaya serta beban secara tiba-tiba.

Baca Juga:

Tips Mudah dan Aman Menyalip Mobil Lain di Jalan Raya

Seperti siaran pers yang diterima dari Auto2000, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat mobil mengalami pecah ban di jalan.

Jangan panik saat pecah ban (Foto: pixabay/publicdomainpictures)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah jangan panik. Pecah ban memang sebuah kejadian yang berbahaya, tapi masih bisa dikendalikan bila kamu tidak panik. Karena, bila seseorang panik, biasanya mengambil tindakan yang salah dan mobil tak dapat dikendalikan.

Tips yang kedua yakni hindari pengereman mendadak. Ini merupakan momen paling krusial saat tetiba ban mobil pecah di jalan, apalagi kalau terjadi di jalan tol dengan kecepatan relatif tinggi.

Ketika rem diinjak, bobot mobil akan pindah ke depan dan setir akan menarik ke arah ban pecah. Fitur rem ABS tidak dapat memperbaiki situasi karena ban yang pecah sudah tidak memiliki grip ke aspal.

Dalam situasi seperti ini, sulit bagi pengemudi untuk memprediksi arah gerak mobil. Bahkan jika pengereman terlalu keras dan ada momentum, mobil bisa terpelanting dan terbalik.

Tips ketiga yang perlu kamu lakukan ialah tahan lurus kemudi. Meski kejadian hanya dalam hitungan detik, kamu perlu merasakan ban mana yang pecah. Bila ban depan, arah kemudi harus ditahan lurus lebih kuat. Karena setir akan tertarik ke arah ban yang pecah.

Bila ban belakang yang pecah, relatif bisa dikendalikan karena kontrol tetap ada di ban depan. Pertahankan arah kemudi lurus ke depan, dan jangan melakukan manuver yang membuat mobil tidak bisa dikendalikan, seperti halnya membelokkan setir ke arah berlawanan, yang akan membuat mobil terpelanting dan berpotensi terbalik.

Baca Juga:

Mudah, Merawat Body Mobil di Rumah

Tips keempat yakni kamu jangan injak pedal kopling. Jauhkan kaki kiri dari pedal kopling. Karena, ketika pedal kopling diinjak, mobil justru akan meluncur deras dan tidak terkendali, lantaran tak tertahan oleh beban putaran mesin.

Tetap tenang dan lakukan beberapa langkah tepat (Foto: pixabay/blende12)

Tips yang kelima, jangan poisikan gigi ke netral. Karena efeknya sama dengan menginjak kopling. Pada posisi gigi netral, putaran ban tidak tertahan oleh mesin. Kamu bisa membantu mengurangi kecepatan dengan menurunkan posisi gigi.

Tapi, langkah tersebut hanya efektif bila laju mobil tidak terlalu kencang, karena tidak mudah memindahkan tuas transmisi saat panik, dan efeknya kurang terasa pada mobil matik. Bila sulit, kamu cukup pertahankan arah kemudi agar tetap lurus ke depan.

Tips yang keenam yakni lepaskan injakan pada pedal gas saat terjadi pecah ban. Kemudian biarkan kecepatan turun dengan sendirinya. Dengan begitu, kamu bisa fokus pada upaya mengendalikan arah mobil.

Bila kecepatan sudah mulai berkurang dan terkendali, arahkan kendaraan ke kiri jalan secara perlahan, jangan lupa aktifkan lampu sein ke kiri.

Kemudian, terus pantau kondisi di belakang melalui kaca spion. Bila kecepatan sudah cukup lambat, arahkan mobil ke bahu jalan lalu biarkan mobil berhenti lantaran kehabisan momentum. (Ryn)

Baca Juga:

Rawat Ban Apabila Mobil Jarang Digunakan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tato Elektronik, Kemajuan Teknologi dalam Body Art dan Kesehatan
Fun
Tato Elektronik, Kemajuan Teknologi dalam Body Art dan Kesehatan

Inovasi yang akan memicu kreativitas lebih luas.

Tak Ada Pasokan Chip, Produksi iPhone 13 Dipangkas
Fun
Tak Ada Pasokan Chip, Produksi iPhone 13 Dipangkas

Apple dikabarkan memangkas target produksi iPhone 13, lantaran dampak dari kelangkaan chip.

Liburan Jalan, Peliharaan Aman
Fun
Liburan Jalan, Peliharaan Aman

Jangan jadikan hewan peliharaan alasan mangkir liburan.

Indonesia Raja 2021 Resmi Diluncurkan untuk Distribusi Nasional
ShowBiz
Indonesia Raja 2021 Resmi Diluncurkan untuk Distribusi Nasional

Terpilih 30 judul film dari 166 yang mendaftar.

Game ‘Uncharted 4’ Bakal Hadir di PC
Fun
Game ‘Uncharted 4’ Bakal Hadir di PC

Selain ke PC, Sony juga berencana membawa game-game PlayStation ke smartphone.

Film Jadul Keren yang Ternyata 'Bermasalah'
Fun
Film Jadul Keren yang Ternyata 'Bermasalah'

Mari kita lihat ada apa di balik film keren ini.

Rilis Awal 2021, iPad 9 Dilengkapi Chipset A13 Bionic
Hiburan & Gaya Hidup
Rilis Awal 2021, iPad 9 Dilengkapi Chipset A13 Bionic

Harga iPad jauh lebih murah daripada pendahulunya.

Sebelum Marah, Coba Kendalikan Diri Agar Lebih Tenang
Fun
Rilis ‘Lover Like Me’ CL Persiapkan Album Perdana Tahun Ini
ShowBiz
Rilis ‘Lover Like Me’ CL Persiapkan Album Perdana Tahun Ini

Single ini menjadi jembatan menuju album perdananya bertajuk ALPHA yang siap rilis pada Oktober 2021.

Siapa Jagoan Perempuan Favorit Penggemar dari Film-Film Studio Ghibli?
ShowBiz
Siapa Jagoan Perempuan Favorit Penggemar dari Film-Film Studio Ghibli?

Gadis-gadis Ghibli bertekad kuat dengan kebiasan lucu serta ekspresi menggemaskannya.