Kesehatan
Langkah Serius Menghindari si Pencuri Waktu Bernama 'Netflix' Netflix bisa mencuri waktu istirahatmu. (foto: pixabay/mohamed_hasan)

SERING merasa kehabisan waktu atau enggak cukup waktu 24 jam dalam sehari? Jika iya, berarti kamu punya masalah dengan 'pencuri waktu'. Apaan sih itu?

Jadi gini, pencuri waktu membuat kamu teralihkan dari jadwal harian kamu. Dalam level yang parah, pencuri waktu bahkan bisa menyita lebih banyak waktumu ketimbang pekerjaan. Wujud si pencuri waktu ini beragam, mulai dari media sosial hingga layanan streaming seperti Netflix.

BACA JUGA:

Cara Buat Playlist Spotify dengan Tampilan ala Struk Belanja yang Lagi Hits di Instagram

Ngaku deh, dalam sehari, kamu pasti pernah terlena scrolling feed Instagram, padahal ada deadline kewajiban yang harus ditunaikan. Ujung-ujungnya, kamu akan ngebut di menit-menit akhir. Panik ke sana kemari. Cerita klasik lain tentang di 'pencuri waktu' ini ialah kisah kamu dan Netflix.

Streaming Netflix untuk docu-series, K-drama, atau serial barat memang bisa melenakan. Bikin asyik banget. Saking asyiknya, Netflix bisa 'mencuri' waktumu. Termasuk waktu istirahat di malam hari. "Terakhir deh, satu episode lagi tidur." Alasan klasik yang pasti jadi mantra pencinta Netflix.

Endingnya sudah pasti bisa ditebak deh. Kamu pergi tidur subuh lalu harus tetap beraktivitas pagi-pagi banget. Nyesel sih, tapi gimana lagi ya, sudah kepalang basah kan ya. Sekali dua kali sih masih bisa dihadapi tuh ngantuk akibat nonton sampai pagi. Namun, ketika sudah terjadi rutin, apalagi setiap hari, rasanya badan dan mata mau menyerah enggak sih?

Jangan putus asa dan ikut arus streaming sampai pagi dulu. Ada kok langkah untuk tetap bisa streaming tanpa waktumu 'dicuri' si Netflix.

1. Sadar Diri, Situs Streaming tak Salah

netflix
Bukan layanan streaming yang bikin candu. (Foto: unsplash @cardmapr)

Kesadaran diri penting. "Kayaknya Netflix bikin kecanduan deh." Begitu pikirmu. Bukan. Bukan Netflix-nya yang bikin kamu kecanduan sampe rela bergadang demi nonton film. Bisa jadi malah kamu terlalu bosan atau kamu kurang kuat mengendalikan diri.

Sebentar sebentar cek ponsel, scroll IG, cek aplikasi chatting, padahal enggak ada yang chat. Coba deh sekali-kali saat bosan, pakai waktu luang itu buat refleksi diri sendiri dan coba jadi orang yang lebih baik. Gimana? Berat ya? Coba aja dulu kali.

2. Bergaul, Jangan Ansos

people
Banyakin bergaul. (Foto: unsplash @priscilladupreez)

Jumat malam, kamu malah berjam-jam streaming film di rumah. Sendirian. Wajarlah kalau jomlonya akut.

Keluar rumah deh. Bergaul. Kalau cari pacar terlalu susah, ajak teman nongkrong aja.

Ingat, kamu itu makhluk sosial yang butuh bersosialisasi dengan orang lain. Mending keluar bareng teman, bangun hubungan yang lebih erat dengan teman-temanmu, buat kenangan baru. Masak kenangan yang kamu punya cuma tentang zombie di film Kingdom? Duh.

Siapa tahu nih, makin sering bergaul, kamu yang tadinya single bisa punya pacar baru. Cihuy kan?

3. Pasang Alarm atau Pakai Aplikasi

alarm
Pasang alarm, jangan kelamaan. (Foto: unsplash @malvestida)

Kontrol diri kamu kurang? Pakai alat bantu. Kalau mau komit berusaha enggak kelamaan nonton Netflix, kamu bisa banget coba pasang alarm misal untuk 2 atau 3 jam. Kalau alarm bunyi, setop seketika itu juga.

Biarpun pakai alarm, bukan berart bisa pasang alarm untuk 5 jam juga kali. Itu mah sama saja bohong.

Situs Medium ngasi saran jitu untuk kamu yang lemah niat dan enggak mempan alarm: pakai aplikasi. Aplikasi StayFocused bisa membantu kamu. Aplikasi ini adalah ekstensi Chrome yang sempurna untuk menentukan dosis konsumsi video karena mereka bantu membatasi jumlah menit yang dihabiskan di situs tertentu per hari.

Setelah menginstal aplikasi ini, kamu bisa mengatur waktu maksimum yang diizinkan untuk menggunakan Netflix. Misalnya, dua episode dari sebuah serial. Kemudian, di bawah kategori 'Situs yang Diblokir' ketik 'Netflix.com' dan klik 'Tambahkan'. Simpel.

4. Olahraga Intens

olahraga
Dobel manfaat olahraga. (Foto:unsplash @diegonacho)

Biar streaming enggak mencuri waktu istirahat kamu di malam hari, ganti jadwal nonton dengan olahraga intens. Olahraga bikin kamu jadi lebih sehat, badan lebih fit, dan membuat tubuh kamu gampang tidur. Kaegiatan fisik bisa bantu menyelesaikan masalah insomnia. Jadi pasti ampuh lah untuk nyelesain masalah kamu yang keras kepala enggak mau tidur walau ngantuk demi streaming.

Olahraga intens kayak gimana tuh? Jangan malas, dunia yang serbadigital ini menyediakan banyak tutorial di Youtube yang bisa nunjukkin kamu jenis-jenis olahraga yang intens.

5. Hilangkan Masalahnya

netflix
Hapus saja deh aplikasi Netflixnya. (unsplash @glenncartenspeters)

Masih bandel juga bablas streaming Netflix walau sudah melakukan segala cara? Saatnya ambil langkah drastis: hilangkan biang keroknya.

Hapus aplikasi Netflix di gadgetmu dan berhenti berlangganan. Nonton di TV? Minta tolong teman atau keluargamu untuk menyembunyikan remote TV-mu.

Namun, dalam beberapa hari, kamu pasti akan nyesek karena benar-benar berhenti streaming Netflix. Jika sudah begini, pilihan sebenanrnya ada di tanganmu.

Jika ingin tetap streaming, ya belajarlah tingkatkan self-control kamu. Mending tetap bisa streaming Netflix tapi secukupnya, atau benar-benar setop nonton?

Cuma nih ya, enggak nonton streaming sama sekali juga biasa saja sih. Malah hemat listrik, hemat duit. Gimana nih, apa pilihanmu?(Lev)

BACA JUGA:

TikTok Batasi Iklan Aplikasi dan Suplemen Diet

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Busana Terbaik di Red Carpet iHeartRadio Music Awards 2021
ShowBiz
Ketika Bisa Bahasa Daerah jadi Jurus dapat Potongan Harga
Fun
Ketika Bisa Bahasa Daerah jadi Jurus dapat Potongan Harga

Berbicara soal transaksi jual beli, pasti ada kesepakatan antara penjual dan pembeli untuk mendapat potongan harga. Nah, potongan harga ini biasanya

Sauna Baik Bagi Kesehatan Tapi...
Fun
Sauna Baik Bagi Kesehatan Tapi...

tubuh akan mengalami efek samping yang tak terduga.

Mengenal Sejarah Lahirnya Tahun Hijriah
Fun
Mengenal Sejarah Lahirnya Tahun Hijriah

Tahun hijriyah memiliki Muharam sebagai bulan pertama.

Intip Spesifikasi 4 Generasi Pertama VGA Card Intel Arc
Fun
Intip Spesifikasi 4 Generasi Pertama VGA Card Intel Arc

Intel akan menghadirkan VGA card terbaru untuk bersaing melawan Nvidia dan AMD Radeon dengan branding-nya bernama Arc.

Pangeran William dan Harry Hormati Patung Ulang Tahun ke-60 Putri Diana
Fun
Pangeran William dan Harry Hormati Patung Ulang Tahun ke-60 Putri Diana

Keduanya begitu khidmat menghormati kenangan sang ibu.

‘Godzilla vs Kong’ Terus Raup Keuntungan
ShowBiz
‘Godzilla vs Kong’ Terus Raup Keuntungan

Hingga kini sudah menghasilkan Rp405 miliar.

Jatuh Bangun Paul van Doren demi Vans
ShowBiz
Jatuh Bangun Paul van Doren demi Vans

Berawal dari pabrik kecil yang hanya mampu menjual 12 pasang sepatu.

Balapan dengan Nama-Nama Legendaris
Fun
Balapan dengan Nama-Nama Legendaris

Michael Schumacher dan Ayrton Senna akan siap membalap lagi di F1.

Ryu dan Chun-Li akan Bertarung di Arena Fortnite
Fun
Ryu dan Chun-Li akan Bertarung di Arena Fortnite

Ryu dan Chun-Li akan hadir untuk bertarung di Fortnite.