Langkah Sederhana Jadikan Touch Screen Ngebut Touch screen jangan sampai rusak! (Foto: androidcentral)

PERMASALAHAN smartphone paling umum terjadi pada bagian layar. Kerusakan pada touch screen smartphone biasanya cukup fatal dan akan berpengaruh pada performa keselurahan. Hal ini bisa terjadi jika kita ceroboh dalam menggunakan smartphone. Berikut tips sederhana agar layar ponselmu tidak bermasalah:

1. Berhati-Hati

Cara ini paling sering diremehkan orang-orang. Padahal menggunakan ponsel dengan hati-hati adalah faktor utama menjaga performa smartphone. Ingatlah bahwa smartphone adalah perangkat dengan kompleksitas tinggi. Jangan beri tekanan berlebihan pada smartphone seperti membantingnya di meja. Kita mungkin berpikir, membanting pelan smartphone di meja bukanlah sebuah persoalan. Namun, melakukan hal ini terus menerus akan memberi masalah pada layar smartphone.

ponsel
Jangan memberikan sentuhan terlalu berat pada layar. (Foto: Pexels/Pixabay)

2. Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari bagus untukmu tetapi buruk untuk smartphonemu. Untuk itu, jauhkan ponsel dari paparan sinar matahari. Terpaparnya smartphone oleh sinar matahari secara terus menerus menyebabkan kerusakan pada layar sentuh.

3. Burn-In

Pernah dengar istilah burn-in? Burn-in adalah situasi dimana terjadi perubahan warna secara permanen pada layar smartphone. Hal tersebut dapat terjadi jika kita tidak mematikan tampilan saat ponsel tidak digunakan. Cara terbaiknya adalah atur layar kunci untuk mematikan layar smartphone secara otomatis ketika tidak digunakan.

ponsel
Layar smartphone yang bersih membuat performa ponsel baik. (Foto: Pexels/Jessica Lewis)

4. Bersihkan Layar

Rutin membersihkan layar smartphone adalah langkah untuk menghindari debu masuk ke dalam smartphone. Debu yang masuk ke sela-sela ponsel dapat mempengaruhi performa secara keseluruhan. Gunakan kain lembut untuk membersihkan layar untuk menghindari garis-garis halus pada layar. Jika menggunakan air untuk membersihkan smartphone, perhatikan dengan baik. Jangan sampai tetesan air masuk ke dalam ponsel karena dapat mempengaruhi performa ponsel.

5. Tahu Batasan

Layaknya perangkat elektronik lainnya, ponsel memiliki sensitivitas tinggi terhadap panas. Jauhkan dari perangkat elektronik yang memiliki panas tinggi seperti pemanas air, microwave, atau setrika. Panas pada perangkat lain dapat menyebabkan kerusakan pada layar. Banyak orang percaya bahwa meletakkan ponsel dekat magnet dapat merusak layar. Faktanya, justru magnet yang akan rusak karena terkena perangkat yang ada di dalam smartphone.

6. Tangan Kotor

Menyentuh layar ketika tangan kotor membuat layar tak bisa bekerja dengan smooth. Dalam beberapa kasus, layar justru tak dapat beroperasi ketika disentuh dengan tangan kotor. Jaga ponsel anda baik-baik. Jangan sentuh layar smartphone ketika sedang makan, minum, atau melakukan aktivitas lain yang membuat tangan dan ponsel kotor. (avi)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH