4 Langkah Mudah untuk Temukan 'Foundation' yang Cocok di 'Drugstore' Cara untuk menemukan foundation yang paling cocok untuk wajah.

MEMILIH foundation yang tepat untuk kulit bagaikan bermain tebak-tebak berhadiah. Apalagi jika kamu memilihnya di drugstore yang menyediakan begitu banyak pilihan. Wah rasanya tentu seperti harus menebak sesuatu dengan mata tertutup.

Rekomendasi produk dari para beautyvlogger, beauty enthusiast, atau bahkan media lifestyle tak terlalu membantu. Belum tentu produk-produk yang diklaim sebagai foundation terbaik itu cocok untuk kulitmu.

Mencoba foundation di punggung tangan? Cara tersebut belum tentu akurat mengingat lampu yang ada di sekitar booth makeup. Kamu harus memilih dengan seksama kandungan yang ada di dalamnya, tone foundation, hingga kamu harus mengenali jenis kulitmu.

Berikut cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memilih foundation yang cocok agar tidak zonk menurut Celebrity Makeup Artist, Sir John:

1. Aplikasikan Foundation di Leher

Foundation di leher
Aplikasikan Foundation di Leher (Sumber: Shout Beautyy)

Cara paling umum yang biasa dilakukan orang untuk mengetahui warna foundation yang tepat adalah dengan mengoleskannya di punggung tangan. Namun, cara tersebut tak selalu tepat lho.

Menurut Sir John, bagian kulit yang paling mendekati akurat adalah kulit di bagian leher. "Cocokkan warna foundation dengan kulitmu sedekat mungkin," ujarnya. Ia juga menyarankan kita untuk mencari area toko dengan pencahayaan terbaik.

Kadangkala, pencahayaan di sekitar booth makeup terlalu terang. "Pencahayaan yang terlalu terang justru dapat mengganggu efektivitas kita dalam memilih warna foundation yang sesuai dengan kulit," tuturnya.

2. Tentukan Undertone Kulitmu

Fenty Beauty
Ketahui Warna Kulitmu (Sumber:: Fenty Beauty)

Kamu mungkin tahu warna kulit wajahmu. Namun tahukah kamu warna kulitmu yang sesungguhnya? Warna kulit di wajah, punggung tangan dan leher terkadang tak sama. Namun secara garis besar, kita memiliki undertone yang sama di seluruh tubuh.

Cara mengetahui undertone adalah dengan mengamati warna kulit di bagian tulang pipi. "Warna yang sesuai teletak di antara pipi dan mata," jelasnya. Sir John juga mengungkapkan bagian lain yang sesuai dengan warna kulit yakni di bagian tengah dahi.

"Tutup kedua alismu, lalu amati warna yang terlihat di tengah dahi. Apakah warnanya peach, kuning, merah muda, atau yang lainnya. Warna tersebut dapat menentukan undertone," paparnya.

3. Cari Tahu Jenis Kulitmu

tipe kulit
Kenali Jenis Kulitmu (Sumber: Cosmopolitan)

"Hal besar yang perlu dipertimbangkan ketika memilih foundation bukan hanya warna kulit tetapi jenis kulit," urai Sir John. Ia menjelaskan bahwa itu akan menjadi faktor penentu utama dalam memilih foundation yang paling cocok untukmu.

Jika jenis kulitmu berminyak, condongkan pilihan ke foundation dengan hasil matte. Apabila kamu memiliki jenis kulit kering, carilah foundation dengan formula yang menghidrasi dan bercahaya.

4. Pilih Botol Dengan Warna Lebih Gelap

Kemasan Foundation
Pilih Botol Berwarna Gelap (Sumber: 3 Plastics)

Ketika memilih warna foundation, kamu mungkin galau antara dua pilihan. Sir John menyarankan untuk memilih foundation dengan botol berwarna sedikit lebih gelap. "Kata kuncinya adalah sedikit.

Biasanya, foundation cair akan tampak lebih gelap saat di dalam botol. Namun ketika kamu menuangkannya dan mencoba ke kulit, warnanya sedikit lebih cerah," jelasnya.

Itulah beberapa cara tepat memilih foundation. Kini, kamu tak perlu bingung lagi saat menentukan foundation yang sesuai untuk kondisi kulitmu. Selamat berburu foundation! (Avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia