Fashion
Langkah Mudah Daur Ulang Pakaian, Tetap Tampil Gaya Meski Hanya di Rumah Cara mudah meremake baju lama supaya terlihat baru. (Foto: Unsplash/@Kris Atomic)

SAAT asyik scroll timeline di Instagram, sejenak perhatian tertuju pada unggahan lucu dari akun @overheardjkt. "Segera hadir, season dua dimulai tanggal 14 September. Serial apa? PSBB," tulis mereka dalam fotonya. Kemudian jadi tersadar, kita akan kembali memasuki masa PSBB.

Bete banget karena kebingungan bakal ngapain lagi ya selama di rumah saja? Sudah gitu kemungkinan besar bakal balik work from home (WFH) lagi. Berarti kita akan kembali meeting virtual. Jadi enggak ada salahnya dong buat tetap tampil gaya di rumah biar keliatan keren pas meeting?

Makanya kepingin banget beli baju ke mall. Tapi gara-gara PSBB, kapasitasnya bakal dibatasin setengahnya. Lalu, ngeri enggak sih kalau pergi ke luar di masa seperti ini. Kalau bukan prioritas dan enggak penting-penting banget, mending enggak usah pergi dulu deh.

Baca juga:

Hidup Mewah Ala Putri Jasmine si Anak Sultan dengan Modal Gaji UMR

Sebenarnya bisa sih belanja online, tapi sayang duitnya kan kalau pakaiannya cuma buat dipakai di rumah saja. Apalagi semasa WFH bikin khawatir gaji bakal dipotong.

Dompet yang tadinya sudah tipis mungkin sekarang sudah kosong melompong sampai ada sarang laba-labanya. Makanya kudu hemat apalagi kalau uang cuma sisa warna hijau, ungu, cokelat, dan abu-abu doang.

Tapi, keinginan untuk tetap ingin tampil stylish tak terbendung. Gimana ya caranya? Tenang, tak perlu takut dan khawatir. Ada trik mudah biar tetap punya baju baru tanpa perlu ke luar rumah atau menghamburkan banyak uang kok. Daur ulang atau Remake pakaian lama saja.

Selain aman dan hemat, ini bisa jadi cara bagus buat membunuh sang waktu dan belajar ketrampilan baru. Tapi bingung cara mulainya? Pegangan dulu, terus coba deh ikutin langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Bongkar isi lemari

Langkah Mudah Daur Ulang Pakaian, Tetap Tampil Gaya Meski Hanya di Rumah
Bongkar lemari buat mencari pakaian yang ada dimodifikasi (Foto: Unsplash/@Volha Flaxeco)

Sejujurnya langkah pertama adalah yang paling sulit. Bongkar-bongkar isi lemari memang butuh niat kuat apalagi kalau kamu si pemalas yang punya lemari setinggi gunung.

Eits, tapi jangan nyerah dulu. Inget tujuan akhirnya. Setelah melewati berbagai step ini kamu bakalan punya pakaian baru yang ciamik buat dipamerin lho. Jadi ayo bergerak dan mulai keluarin semua pakaian dari lemari.

2. Pisahkan sesuai jenisnya

Langkah Mudah Daur Ulang Pakaian, Tetap Tampil Gaya Meski Hanya di Rumah
Pisahkan pakaian sesuai jenisnya untuk memudahkanmu. (Foto: Unsplash/@Sarah Brown)

Setelah kamarmu sudah seperti kapal pecah karena potongan baju yang seolah tak ada habisnya, lanjut ke langkah kedua. Pisahkan pakaianmu sesuai jenisnya. Kaus sama kaus, celana sama celana, dan seterusnya.

Tujuannya? Biar nambah-nambahin kerjaan saja gitu. Enggak deh, step ini dilakukan untuk memudahkanmu memikirkan pakaian yang akan dimodifikasi.

Selain itu, hal ini membantumu membereskan dan merelakan pakaian yang sudah enggak menimbulkan spark joy lagi seperti kata ahli berbenah Marie Kondo.

3. Beli kuota atau nebeng Wi-Fi

Langkah Mudah Daur Ulang Pakaian, Tetap Tampil Gaya Meski Hanya di Rumah
Kalau enggak punya kuota nebeng wifi sama tetangga. (Foto: Unsplash/@Markus Spiske)

Sebelum mulai berkreasi, pastinya kamu perlu mencari referensi dulu. Kalau dulu buku adalah jendela dunia, sekarang semua pertanyaanmu bisa dijawab sama mesin pintar serba tahu bernama internet.

Tapi semuanya akan sia-sia kalau kamu enggak punya kuota. Jadi ingat pastikan beli kuota dulu, atau kalau lagi misqueen bisa nih nebeng Wi-Fi tetangga.

Enggak perlu gengsi deh, beranikan diri ketuk pintu tetangga dan tanya, "eh boleh nebeng Wi-Fi enggak?" Jangan lupa sambil pasang senyum paling manis ya. Siapa tahu yang buka pintu cowok ganteng. Jadi bonus kan kalau bisa sekaligus kenalan.

4. Belajar tutorial di YouTube

Langkah Mudah Daur Ulang Pakaian, Tetap Tampil Gaya Meski Hanya di Rumah
Belajar lewat tutorial yang ada di internet. (Foto: Unsplash/@Kon Karampelas)

Ingat cari tutorial yang bener ya. Soalnya sekarang banyak banget tuh video tutorial tak berfaedah yang beredar, seperti cara napas, cara berkedip, tutorial berdiri, bahkan tutorial minum air pake sumpit.

Masukkan kata yang tepat di mesin pencarian. Misalnya tutorial remake pakaian, tips jitu memodifikasi baju lama supaya terlihat baru, cara menjahit for dummies, dan sebagainya.

Baca juga:

Punya Bodi Mirip Bella Hadid tapi Hobinya Makan dan Tidur, Bisa Enggak Ya?

5. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan

Langkah Mudah Daur Ulang Pakaian, Tetap Tampil Gaya Meski Hanya di Rumah
Siapkan semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan. (Foto: Pixabay/@bluemorphos)

Kalau modal dikit bisa tuh membeli mesin jahit mini dan beberapa kebutuhan lain. Tapi kalau enggak punya duit, jangan dipaksain. Cari saja di rumah atau tanya orangtua. Biasanya sih ibu-ibu itu punya kekuatan super untuk menemukan berbagai barang.

Jadi tinggal tanya saja dimana kamu bisa menemukan jarum, benang, meteran, cat kain, sampai gunting. Gunting buat kain lho ya jangan gunting rumput, kegedean. Terus hunting hiasan-hiasan buat remake pakaianmu. Misalnya, kain-kain lucu, pita, manik-manik, dan apapun itu. Bebas deh sesuaikan dengan keinginanmu saja.

6. Pikirkan konsepnya

Langkah Mudah Daur Ulang Pakaian, Tetap Tampil Gaya Meski Hanya di Rumah
Pikirkan konsep modifikasi baju supaya tidak salah. (Foto: Unsplash/@Kelly Sikkema)

Jangan gegabah dalam mengerjakan sesuatu. Dipikirkan dulu kira-kira kamu ingin membuat baju yang seperti apa agar tidak menyesal nantinya. Pada tahapan ini pakai imajinasimu sambil melihat-lihat pakaian yang mau dibuat ulang.

Ambil kertas atau catatan untuk corat-coret ide. Tapi kalau kebetulan kamu orang yang berani terima tantangan dan bersikap spontan boleh saja sih lewati step ini dan langsung lanjut ke tahap eksekusi.

7. Mulai remake

Langkah Mudah Daur Ulang Pakaian, Tetap Tampil Gaya Meski Hanya di Rumah
Mulai remake baju sesuai dengan kreativitas. (Foto: Pexels/@cottonbro)

Praktikkan teori yang sudah kamu pelajari lewat internet. Kuncinya harus berani dan jangan ragu-ragu. Soalnya dalam seni itu enggak ada yang salah kok. Hasil remake pakaianmu ini juga enggak bakal dinilai atau diledekkin sama orang lain. Kecuali kalau hasilnya terlalu berantakan.

Makanya putar otak dan berusaha sekreatif mungkin sambil meluapkan ide terliarmu. Potong rok mini biar semakin pendek, hiasi kaus dengan gambar abstrak buatanmu, atau gunting satu lengan baju dan tambal dengan bahan lain. Tapi hati-hati jangan sampai jahit tangan sendiri ya.

8. Buat fashion show di rumah

Langkah Mudah Daur Ulang Pakaian, Tetap Tampil Gaya Meski Hanya di Rumah
Coba baju yang sudah diremake dan tunjukkan kepada keluarga di rumah. (Foto: Unsplash/@Becca McHaffle)

Setelahnya langsung cobain pakaian-pakaian barumu sambil bergaya di depan cermin. Biar makin berasa seperti desainer, undang seisi rumah buat menyaksikan peragaan busana bikinamu.

Dijamin hasil karyamu akan disambut dengan tepuk tangan meriah soalnya mereka adalah keluargamu sendiri. Kalau orang lain enggak tahu deh ya. Setelahnya foto pakaian barumu itu dan unggah ke medsos buat dipamerin ke teman-teman.

Baca juga:

Tutorial Bikin Baju Tie-Dye Ala Anak Indie. Fashionable dan Sustainable Abis

Itu dia beberapa tips dan tahapannya. Ternyata enggak susah kan tampil kece tanpa perlu ngiterin mall dan mengeluarkan banyak uang? Kuncinya hanya pada kemauan dan jiwa kreatif saja.

Tapi perlu diingat tampil keren itu bukan cuma sekadar buat dilihat orang lain saja, tapi juga untuk menyenangkakan dirimu sendiri lho. Soalnya ketika you look good, you will feel good about yourself.

Maria Sharapova, mantan petenis profesional asal Rusia pernah mengatakan bahwa ketika kamu terlihat baik, kamu juga akan merasa baik dan bahagia.

Ketika merasa senang, otomatis kamu akan melakukan yang terbaik tanpa mengkhawatirkan apapun. Jadi ternyata tampil cantik dengan pakaian bagus bisa membawa kebahagiaan sekaligus mood positif buat hidupmu.

Apalagi mengutip laman Very Well Mind, suasana hati yang positif bisa membantu meningkatkan kesehatan emosional. Bahkan sebuah studi menyebutkan bahwa mood baik akan menjauhkanmu dari gangguan kecemasan dan depresi.

Selain itu, perasaan positif ini juga meningkatkan kesehatan fisik, seperti memberi kekebalan tubuh yang baik dan bahkan dapat membuatmu panjang umur.

Jadi tunggu apalagi? Langsung saja coba tips ini ya. Selain hemat, membuat kembali baju lama menjadi baru ini akan membantumu buat tampil gaya supaya diri tetap bahagia meski hanya di rumah. (sam)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sesame Street Mengajarkan Anak Tentang Rasialisme dengan Cara Berbeda
ShowBiz
Sesame Street Mengajarkan Anak Tentang Rasialisme dengan Cara Berbeda

Serial yang menghadirkan boneka tangan tersebut menyampaikannya dengan cara yang ramah sehingga mudah dipahami anak.

Butterbeer Botolan, Mudahkan Penggemar Mencicip Minuman Favorit dari Dunia Harry Potter
Fun
Butterbeer Botolan, Mudahkan Penggemar Mencicip Minuman Favorit dari Dunia Harry Potter

Minuman khas favorit para penyihir ini hanya tersedia di lokasi tertentu.

Sudah Lihat Koleksi Kolaborasi Timberland dan Supreme Spring 2020?
Fashion
Sudah Lihat Koleksi Kolaborasi Timberland dan Supreme Spring 2020?

Memiliki tiga koleksi kolaborasi seperti sepatu klasik khas Timberland Euro Hiker Low, topi enam panel, dan crewneck sweater.

Koleksi Edisi Spesial Gucci x Mickey Mouse untuk Imlek
Fashion
Koleksi Edisi Spesial Gucci x Mickey Mouse untuk Imlek

IMLEK tahun 2020 merupakan tahun tikus. Makanya Gucci dan Mickey Mouse berkolaborasi menghadirkan koleksi Spring/Summer 2020.

Mengenal 'Dari Halte Ke Halte', Rujukan 'Street Food' Nikmat Warga IbuKota
Fun
Mengenal 'Dari Halte Ke Halte', Rujukan 'Street Food' Nikmat Warga IbuKota

Tempatnya cara rekomendasi street food terbaik Jakarta.

Web Drama Adaptasi Webtoon 'Love Revolution' Segera Tayang
ShowBiz
Web Drama Adaptasi Webtoon 'Love Revolution' Segera Tayang

Drama ini akan tayang di platform terbaru mereka yaitu Kakao M Play.

Kulit Ayam Enak sih, Tapi...
Fun
Kulit Ayam Enak sih, Tapi...

Ternyata menyimpan bahaya bagi kesehatan

Bagaimana Kalau Kita Terlalu Banyak Minum?
Fun
Bagaimana Kalau Kita Terlalu Banyak Minum?

Minum terlalu banyak membuat tubuh keracunan.

Gara-gara Zodiak Madonna Tolak Kolaborasi dengan David Guetta
ShowBiz
Gara-gara Zodiak Madonna Tolak Kolaborasi dengan David Guetta

Madonna menolak kolaborasi dengan David Guetta karena suatu hal yang terbilang 'aneh'

Mengenal Cindy Marta, Finalis Perempuan Satu-satunya di IBC 2020
Fun
Mengenal Cindy Marta, Finalis Perempuan Satu-satunya di IBC 2020

Cindy Martha merupakan peserta terakhir tampil di babak final kompetisi Indonesia Barista Championship (IBC) 2020, Indonesia Coffee Events (ICE) 2020