'Langkah Membumi Festival' Kumpulkan 330 Kilogram Sampah

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 30 November 2023
'Langkah Membumi Festival' Kumpulkan 330 Kilogram Sampah
Sebanyak 330 kilogram sampah terkumpul. (Blibli)

LANGKAH Membumi Festival yang dihelat oleh Blibli Tiket Action rampung digelar pada 25-26 November 2023 di SCBD Park, Jakarta Selatan. Inisiatif ini pun berhasil mengumpulkan sebanyak 330 kilogram sampah terpisah dari para pengunjung.

Dengan melibatkan 130 pelaku industri, ecopreneur, dan aktivis lingkungan, festival ini menginspirasi perubahan perilaku yang lebih berkelanjutan melalui sharing knowledge dan pemberdayaan. Sebanyak 5 ribu pengunjung tergerak untuk berpartisipasi.

Baca Juga:

‘Langkah Membumi Festival’ Ajak Ecopreneurs untuk Sadar Lingkungan

'Langkah Membumi Festival' Kumpulkan 330 Kilogram Sampah
Antusiasme para pengunjung mengikuti workshop. (Blibli)

Kemudian sebanyak 330 kilogram sampah terdiri dari 108,9 kilogram plastik dan 72,6 kilogram sampah kertas atau kardus yang selanjutnya dikelola oleh Waste4Change dengan sistem zero waste to landfill.

COO dan Co-Founder Blibli Lisa Widodo pun mengapresiasi kepada semua pihak yang menujukkan dedikasi, kreativitas, dan komitmen dalam mendukung Langkah Membumi Festival.

"Festival ini sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045 dan tujuan Sustainable Development Goals (SDG) pilar 12, 13, dan 17, yang menekankan pada konsumsi yang bertanggungjawab, penanggulangan perubahan iklim, dan pentingnya kemitraan untuk mencapai tujuan bersama dalam mewujudkan sustainable growth di Indonesia," kata Lisa, dalam siaran pers yang diterima, Rabu (29/11).

Apresiasi juga disampaikan oleh Chief Commercial Officer Ecoxyztem Andreas Pandu Wirawan, yang turut berkolaborasi dengan Blibli Tiket Action.

"Sustainability bukan sekadar komitmen, tapi prinsip yang seharusnya mengintegrasikan manfaat lingkungan, sosial, dan ekonomi," kata Andreas.

Baca Juga:

Tujuh Maskapai Paling Sadar Lingkungan di Dunia

'Langkah Membumi Festival' Kumpulkan 330 Kilogram Sampah
Diskoria menutup gelaran Langkah Membumi Festival. (Blibli)

Untuk memperkenalkan gaya hidup dan praktik bisnis berkelanjutan kepada masyarakat luas, Langkah Membumi Festival memfasilitasi sharing knowledge yang dikemas dalam beragam pendekatan menarik.

Selama dua hari penyelenggaraan, total 150 peserta mengikuti tujuh workshop, diikuti kaum muda dan keluarga. Mulai dari workshop pembuatan parfum dengan minyak esensial oleh Atsiri Indonesia, daur naik baju lama bersama Setali, daur naik pet toys didukung Liberty Society, pembuatan tempe organik oleh Demi Bumi, hingga teknik pengomposan bahan organik oleh Kebun Kumara.

Antusiasme juga terlihat dari 1000 pengunjung di sejumlah rangkaian kegiatan lainnya, mulai dari kegiatan pound fit, hitung jejak karbon bersama CarbonEthics, pilah sampah dari rumah, uji emisi kendaraan, cek kesehatan, dan turut berdonasi penanaman pohon lewat LindungiHutan.

Musisi papan atas Tanah Air, seperti Barasuara dan Diskoria, ikut andil menggaungkan semangat kolaborasi di festival ini. Lantunan musik yang dibawakan mengundang sing along dari ratusan anak muda, menjadi penutup manis yang menandai berakhirnya Langkah Membumi Festival tahun ini. (and)

Baca Juga:

Masuk Tahun Ketiga, Sompo Latih Puluhan Mahasiswa Sadar Lingkungan

#Peduli Lingkungan #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan