Langkah Jitu Mengatasi Kecanduan Game Online Yuk kenali ciri-ciri kecanduan game online dan cara mengatasinya (foto: pixabay/eksplorbob)

TAK dimungkiri kini popularitas game online kian menggelora. Terlebih saat pandemi virus COVID-19 melanda, banyak orang yang menghabiskan waktu luangnya dengan bermain game online. Ditambah lagi banyak game online populer yang dengan praktis bisa dimainkan lewat ponsel pintar. Hal itu membuat kamu bisa memainkannya kapanpun dan dimanapun.

Baca Juga:

Puasa Main Game Sebulan, Kenapa Tidak?

Eits, tapi jangan berlebihan yah, karena kebiasaan ini bisa berdampak buruk bagi kamu, apalagi bila sudah kecanduan main game online.

Seperti yang dilansir dari laman alodokter, kecanduan game online bisa diartikan sebagai gangguan mental, yang ditandai dengan dorongan untuk bermain gim berjam-jam. Bahkan hingga melupakan dan tidak memedulikan aktivitas lain, seperti pekerjaan atau tugas sekolah.

Jenis kecanduan tersebut bisa menyebabkan penderitanya mengalami sejumlah masalah psikologis lain, seperti gangguan kecemasan serta depresi.

Adapun beberapa gejala kecanduan game online seperti memiliki keinginan bermain gim setiap waktu, merasa murung, stres atau marah saat tak bisa bermain gim, menghabiskan sebagian besar waktu untuk bermain gim, berbohong untuk bisa selalu bermain gim, hingga menghamburkan uang untuk bermain gim.

Selain gejala psikologis tersebut, orang yang kecanduan game online pun bisa mengalami gejala fisik, seperti mudah lelah, sakit kepala, nyeri punggung serta mata berkunang-kunang.

Bila kamu memiliki ciri-ciri kecanduan game online seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera mengatasinya. Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi kecanduan bermain game online.

Batasi waktu bermain game online (Foto: pixabay/free-photos)

Tips pertama yakni membatasi waktu bermain gim. Cobalah untuk membuat jadwal bermain dan beri batasan, seperti hanya 1 jam per harinya. Dengan begitu, kamu bisa membagi waktumu untuk menyelesaikan kewajiban lain yang lebih penting, seperti pekerjaan atau pendidikan.

Baca Juga:

Akibat Nonstop Main Game Hampir Sebulan, Bocah 15 Tahun ini Terkena Stroke

Tips kedua yakni mencari hobi baru. Carilah hobi baru untuk mengalihkan perhatian kamu dari layar ponsel atau komputer. Seperti halnya bermain alat musik, melukis, membaca buku hingga berolahraga. Dengan adanya aktivitas baru, kamu bisa mengurangi kecanduan game online.

Carilah hobi baru untuk mengatasi kecanduan bermain game online (foto: pixabay/antranias)

Tips ketiga letakan perangkat gim di luar kamar tidur. Hal ini perlu dilakukan karena kamar tidur kerap kali menjadi tempat yang nyaman untuk bermain game online, bahkan hingga berjam-jam. Dengan menaruh perangkat di luar kamar, kamu dapat mengurangi waktu bermain karena tidak ada perangkat bermain di dekatmu.

Tips keempat yaitu menjalani psikoterapi. Bila sejumlah cara diatas tidak mampu mengatasi kecanduan game online, kamu bisa pergi ke dokter atau psikolog untuk menjalani psikoterapi. Salah satu teknik yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan kecanduan game online adalah terapi kognitif perilaku atau cognitive behavioral therapy (CBT). (Ryn)

Baca Juga:

Viral, Pria ini Lapor Polisi akibat Gagal Main Game Mesin Capit 200 Kali

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
'Folklore', Album Terbaru dari Taylor Swift
ShowBiz
[HOAKS atau FAKTA]: Konsumsi Vaksin COVID bikin Kemandulan
Fun
Empat Produsen Sepeda Motor Berkolaborasi untuk Bikin Baterai
Fun
Empat Produsen Sepeda Motor Berkolaborasi untuk Bikin Baterai

Ini akan mendorong penggunaan kendaraan listrik ringan secara luas

Apa Pentingnya Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur?
Hiburan & Gaya Hidup
Apa Pentingnya Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur?

Saat tidur, tubuh menyerap cairan di dalam tubuh

Panggung Kpop Penuh Tragedi
ShowBiz
Panggung Kpop Penuh Tragedi

Idola Kpop tidak bebas dari bencana besar.

WHO Buat Aplikasi Resmi di Android dan IOS
Fun
WHO Buat Aplikasi Resmi di Android dan IOS

Aplikasi yang diberi nama WHO MyHealth ini awalnya diusulkan oleh tim ahli dengan nama WHO Covid App Collective.

Intip Koleksi Jam Tangan Mewah Artis Korea
ShowBiz
Intip Koleksi Jam Tangan Mewah Artis Korea

Koleksi jam tangan bernilai fantastis para aktor Korea

Trailer 'Devil May Cry' Hadirkan Pemeran Antagnis dan Bos
ShowBiz
Trailer 'Devil May Cry' Hadirkan Pemeran Antagnis dan Bos

DMC merupakan gim yang paling ditunggu gamers mobile sejak tahun 2017.

5 Gerai McDonald's Paling Unik di Dunia, Ada yang Dalam Pesawat!
Fun
5 Gerai McDonald's Paling Unik di Dunia, Ada yang Dalam Pesawat!

Selain McDonald's Sarinah, ternyata ada gerai-gerai McD di seluruh dunia yang juga sangat memorable karena keunikan arsitekturnya.

Cuma Berfoto Dapat Perhiasan Senilai Puluhan Juta Rupiah
Fun
Cuma Berfoto Dapat Perhiasan Senilai Puluhan Juta Rupiah

Kandidat terpilih akan dikirimkan seperangkat perhiasan senilai 4 ribu pound sterling atau setara dengan Rp74,8 juta.