Langkah Jitu Mengatasi Kecanduan Game Online Yuk kenali ciri-ciri kecanduan game online dan cara mengatasinya (foto: pixabay/eksplorbob)

TAK dimungkiri kini popularitas game online kian menggelora. Terlebih saat pandemi virus COVID-19 melanda, banyak orang yang menghabiskan waktu luangnya dengan bermain game online. Ditambah lagi banyak game online populer yang dengan praktis bisa dimainkan lewat ponsel pintar. Hal itu membuat kamu bisa memainkannya kapanpun dan dimanapun.

Baca Juga:

Puasa Main Game Sebulan, Kenapa Tidak?

Eits, tapi jangan berlebihan yah, karena kebiasaan ini bisa berdampak buruk bagi kamu, apalagi bila sudah kecanduan main game online.

Seperti yang dilansir dari laman alodokter, kecanduan game online bisa diartikan sebagai gangguan mental, yang ditandai dengan dorongan untuk bermain gim berjam-jam. Bahkan hingga melupakan dan tidak memedulikan aktivitas lain, seperti pekerjaan atau tugas sekolah.

Jenis kecanduan tersebut bisa menyebabkan penderitanya mengalami sejumlah masalah psikologis lain, seperti gangguan kecemasan serta depresi.

Adapun beberapa gejala kecanduan game online seperti memiliki keinginan bermain gim setiap waktu, merasa murung, stres atau marah saat tak bisa bermain gim, menghabiskan sebagian besar waktu untuk bermain gim, berbohong untuk bisa selalu bermain gim, hingga menghamburkan uang untuk bermain gim.

Selain gejala psikologis tersebut, orang yang kecanduan game online pun bisa mengalami gejala fisik, seperti mudah lelah, sakit kepala, nyeri punggung serta mata berkunang-kunang.

Bila kamu memiliki ciri-ciri kecanduan game online seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera mengatasinya. Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi kecanduan bermain game online.

Batasi waktu bermain game online (Foto: pixabay/free-photos)

Tips pertama yakni membatasi waktu bermain gim. Cobalah untuk membuat jadwal bermain dan beri batasan, seperti hanya 1 jam per harinya. Dengan begitu, kamu bisa membagi waktumu untuk menyelesaikan kewajiban lain yang lebih penting, seperti pekerjaan atau pendidikan.

Baca Juga:

Akibat Nonstop Main Game Hampir Sebulan, Bocah 15 Tahun ini Terkena Stroke

Tips kedua yakni mencari hobi baru. Carilah hobi baru untuk mengalihkan perhatian kamu dari layar ponsel atau komputer. Seperti halnya bermain alat musik, melukis, membaca buku hingga berolahraga. Dengan adanya aktivitas baru, kamu bisa mengurangi kecanduan game online.

Carilah hobi baru untuk mengatasi kecanduan bermain game online (foto: pixabay/antranias)

Tips ketiga letakan perangkat gim di luar kamar tidur. Hal ini perlu dilakukan karena kamar tidur kerap kali menjadi tempat yang nyaman untuk bermain game online, bahkan hingga berjam-jam. Dengan menaruh perangkat di luar kamar, kamu dapat mengurangi waktu bermain karena tidak ada perangkat bermain di dekatmu.

Tips keempat yaitu menjalani psikoterapi. Bila sejumlah cara diatas tidak mampu mengatasi kecanduan game online, kamu bisa pergi ke dokter atau psikolog untuk menjalani psikoterapi. Salah satu teknik yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan kecanduan game online adalah terapi kognitif perilaku atau cognitive behavioral therapy (CBT). (Ryn)

Baca Juga:

Viral, Pria ini Lapor Polisi akibat Gagal Main Game Mesin Capit 200 Kali

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bangtan Boys Gaungkan Keberagaman di MV Permission To Dance
ShowBiz
Bangtan Boys Gaungkan Keberagaman di MV Permission To Dance

Video musik Permission To Dance diumumkan Bangtan Boys pada Jumat, 9 Juli 2021.

Akupuntur Medis Bantu Atasi Gangguan Tidur
Fun
Akupuntur Medis Bantu Atasi Gangguan Tidur

Akupuntur dapat mengaktivasi otak untuk dapat membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

Desainer AS Memukau Paris dengan Rancangan Bertema Black Inventors
Fashion
Desainer AS Memukau Paris dengan Rancangan Bertema Black Inventors

Peragaan busana Wat U Iz adalah pelajaran sejarah yang disemat dengan humor Pop Art.

Kim Woo Bin dan Shin Min Ah akan Beradu Akting di ‘Our Blues’
ShowBiz
Kim Woo Bin dan Shin Min Ah akan Beradu Akting di ‘Our Blues’

Our Blues merupakan drama bergaya omnibus yang menceritakan kisah hidup manis, asam, dan pahit dari berbagai karakter dalam latar hidup Pulau Jeju.

G-Shock x Porter Hanya Dijual 10 Unit
Fashion
G-Shock x Porter Hanya Dijual 10 Unit

KABAR gembira buat kamu para penggemar jam tangan G-Shock, kali ini mereka berkolaborasi dengan Porter, salah satu tas ternama

Ketika Idola K-Pop Menepati Janji kepada Penggemar
ShowBiz
Ketika Idola K-Pop Menepati Janji kepada Penggemar

Layaknya sahabat, mereka juga pernah membuat janji.

Jalankan Pedoman Gizi Seimbang, ini 4 Poin Pentingnya
Hiburan & Gaya Hidup
Jalankan Pedoman Gizi Seimbang, ini 4 Poin Pentingnya

Pedoman Gizi Seimbang mengacu pada Nutrition Guide for Balanced Diet.

Cara Membedakan Helm Cargloss Palsu dan Asli
Fashion
Cara Membedakan Helm Cargloss Palsu dan Asli

Banyak produsen nakal yang menawarkan helm cargloss palsu dengan stiker yang mudah dilepas.

Lampu Pelangi Tidak Boleh Nyala di Allianz Arena
Olahraga
Lampu Pelangi Tidak Boleh Nyala di Allianz Arena

Tadinya lampu pelangi ingin dinyalakan saat Jerman melawan Hungaria di Euro 2020.

Anti Mainstream, Perusahaan ini Jual Pakaian Khusus Robot
Fun