Langkah Jitu Mencegah Kenaikan Berat Badan Saat Libur Lebaran, Dijamin Ampuh! Kenali cara ampuh untuk mengontrol berat badan disaat libur lebaran (Foto: pixabay/congerdesign)

DISAAT libur lebaran, tentunya banyak beragam jenis sajian kulier yang sangat menggugah selera. Apalagi jika berkunjung kerumah sanak saudara atau kerabat, biasanya ditawarkan untuk icip-icip makan.

Selain itu, jika kamu ke tempat-tempat wisata disaat libur lebaran, pastinya banyak terdapat aneka jajanan khas yang sangat menggugah selera. Namun sebaiknya kamu jangan asal akan yah guys. Teruntuk kamu yang tak mau menjadi gemuk setelah liburan selesai.

Bagi kamu yang bingung seperti apa caranya? Jangan takut, karena ada beberapa langkah jitu yang cukup mudah untuk mengontrol berat badan kamu, seperti yang dilansir dari laman alodokter.


1. Perhatikan Porsi Makan

Perhatikan porsi makan kamu, jangan samapi berlebihan (Foto: pixabay/sasint)

Salah hal yang perlu diperhatikan untuk mengontrol berat badan ialah dengan menjaga porsi makan. Caranya, kamu bisa mencoba berbagai sajian kuliner, tapi porsinya jangan berlebihan. Mengapa demikian? Karena porsi makan yang terlalu banyak dapat membuat asupan kalorimu jadi berlebihan, alhasil akan ditimbun sebagai lemak.

2. Perbanyak Asupan Protein

Asupan protein harus banyak (Foto: pixabay/jillwellington)

Dengan mengonsumsi banyak protein, tubuh akan merasa kenyang lebih lama. Jika dibandingkan dengan makanan manis atau berlemak, makanan berprotein memiliki kalori yang lebih rendah hingga dapat mengontrol berat bada kamu agar tidak naik.


3. Kunyah Makanan Perlahan

Jangan kunyah makanan terlalu cepat (Foto: pixabay/rawpixel)

Tahukah kamu jika mengunyah makanan terlalu cepat bisa menambah lingkar pinggang kamu. Karena, ketika makan terlalu cepat, jumlah makanan yang kamu konsumsi akan lebih banyak dari yang kamu butuhkan. Hal itu lantaran munculnya signal rasa kenyang membutuhkan waktu.

Jadi ketika signal itu muncul, kamu telah terlanjur makan terlalu banak. Selain itu dengan makan perlahan, kamu bisa lebih mawas pada munculnya rasa kenyang. Serta rasa dari makanan pun bisa dinikmati dengan lebih baik saat kamu makan dengan cara perlahan.


4. Jangan Menahan Lapar

Menahan lapar bisa membuat kamu kalap dengan makan berlebihan (Foto: pixabay/publicdomainpictures)

Disaat liburan, mungkin diantara kamu ada yang berusaha menahan lapar. Padahal, kelaparan akan membuatmu ingin memakan semua jenis makanan dalam jumlah berlebihan loh. Jadi sebaiknya makan dengan sering tapi dalam batas porsi yang lebih kecil.

5. Jangan Lupa Berolahraga

Jangan lupa untuk berolahraga disaat liburan (Foto: pixabay/rawpixel)

Selain menjaga pola makan, hal yang cukup penting untuk menjaga berat badan ialah berolahraga. Karena aktif dalam bergerak merupakan salah satu cara terbauk untuk mencegah berat badan naik disaat liburan.

Caranya cukup mudah, kamu bisa mencoba menjelajahi tempat-tempat menarik dengan berjalan kaki atau berjalan santai seraya menikmati pemandangan yang memesona di kampung halaman atau tempat wisata.

Baca juga:

Penelitian Mengungkapkan, Liburan Bisa Membuat Kerja Lebih Produktif

Nah itu dia guys beberapa cara ampuh untuk mengontrol berat badan agar tetap stabil disaat libur lebaran, semoga bermanfaat yah. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH