Harbolnas
Langkah Jitu E-Commerce dalam Mendukung UMKM Lokal di Masa Pandemi Tokopedia mendukung Para UMKM Lokal di Masa Pandemi

DI TENGAH pandemi virus Corona yang melanda Indonesia, memberikan dampak yang cukup besar bagi sejumlah sektor industri.

Bahkan tak sedikit usaha-usaha yang bangkrut akibat merosotnya omset penjualan, terlebih di masa-masa awal virus Corona masuk ke Indonesia.

Baca Juga:

Harbolnas 11.11, Station Shoes Siap Manjakan Penampilanmu

Namun, tak hanya sejumlah perusahaan besar saja yang sangat merasakan efek dari pandemi, tapi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal pun turut terkena efeknya.

e-commerce sangat membantu para umkm untuk meningkatkan penjualan di masa pandemi (Foto: pixabay/200degress)

Salah satu celah yang bisa digunakan oleh para UMKM untuk tetap bertahan di masa pandemi, yakni memanfaatkan penjualan online lewat e-commerce.

Karena banyak konsumen yang memilih membeli produk di e-commerce, lantaran transaksi yang lebih aman, dan terhindar dari penipuan.

Terlebih menjual barang-barang di e-commerce pun tak dikenakan biaya alias gratis, jadi sangat menguntungkan para UMKM yang mau menjual produknya.

Ditengah pandemi, satu e-commerce ternama di Indonesia yakni Tokopedia menghadirkan kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB) setiap tanggal 25 hingga akhir setiap bulan, guna menawarkan berbagai nilai tambah yang bisa membuat belanja kebutuhan sehari-hari masyarakat menjadi lebih menarik dan efisien.

"Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk berkualitas dari bermacam merek lokal maupun internasional dari berbagai kategori, dengan sederet kemudahan seperti diskon hingga 90% cashback spesial, hingga program kejar Diskon yang berlaku pada jam-jam tertentu," ujar Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia.

Baca juga:

Harbolnas 9.9, Ini Tips Belanja Online Cerdas dan Hemat

Lewat program Kejar Diskon, masyarakat bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan harga lebih terjangkau, yakni di bawah Rp99 ribu. Masyarakat juga bisa menikmati besar ongkir sepuasnya.

Dengan begitu, secara tidak langsung program Tokopedia tersebut turut membantu mendongkrak penjualan sejumlah merek lokal dari para UMKM yang menjual produknya di tokopedia.

"Tokopedia fokus mendorong pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, mengakselerasi adopsi platform digital agar bisa beradaptasi di tengah pandemi," jelas Ekhel Chandra Wijaya.

(Foto: dok. tokopedia)

Selain itu, Tokopedia juga menghadirkan 'panggung' lainnya untuk UMKM lokal. Selain Waktu Indonesia Belanja, Tokopedia juga telah menyediakan berbagai panggung lainnya untuk para pegiat usaha lokal, lewat kolaborasi dengan para mitra strategis, termasuk pemerintah dan pegiat usaha lintas sektor.

Salah satu programnya yakni #SatuDalamKopi, yang merupakan kerja sama dengan Kemenparekraf, Kemenperin dan lebih dari seribu pegiat usaha kopi dalam mengusung industri kopi nusantara.

Ada pula #BanggaBuatanIndonesia, yang merupakan kerja sama dengan Kemenko Marves dengan harapan masyarakat bisa bangga dengan produk buatan Indonesia. Lalu ada juga program Tokopedia Nyam!, yang bekerjasama dengan pegiat usaha makanan dan minuman.

Tak hanya itu tokopedia juga mensupport Indonesia Fashion Week 2020, yang bekerja sama dengan pegiat usaha lokal dari industri fesyen.

Menurut Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia, kunci Tokopedia menghadapi pandemi ialah beradaptasi dengan terus berinovasi dan berkolaborasi.

Hal itu dilakukan hampir seluruh pegiat usaha di Indonesia, tidak terkecuali Tokopedia. Terlebih lagi saat ini sekitar 9,4 juta penjual telah terdaftar di tokopedia, dimana 100% nya adalah UMKM, bahkan 94% nya berskala ultra mikro.

Angkat tersebut membuktikan bahwa peran e-commerce dalam membantu para UMKM cukup penting. Terlebih di masa pandemi ini, sangat berguna untuk pemulihan ekonomi Indonesia yang cukup terdampak. (Ryn)

Baca juga:

Ini Tips dan Cara Mengakali Mahalnya Ongkos Kirim Belanja Online

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
'Misguided', Gim Horor Terbaru Karya Anak Bangsa
Fun
Penampilan Original Song Oscar Direkam di Atap Academy Museum of Motion Pictures
ShowBiz
Penampilan Original Song Oscar Direkam di Atap Academy Museum of Motion Pictures

Setidaknya beberapa musisi akan menampilkan lagu-lagu mereka.

Netflix Garap Live-Action 'Yu Yu Hakusho'
Fun
Netflix Garap Live-Action 'Yu Yu Hakusho'

Belum ada kabar kapan live-action Yu Yu Hakusho rilis.

Jangan Tegiur Untung Besar, Bisa Jadi Investasi Bodong
Fun
Kiat Menjadi Sutradara Berkualitas ala Yandy Laurens
ShowBiz
Kiat Menjadi Sutradara Berkualitas ala Yandy Laurens

Yandy mengatakan ada beberapa poin penting yang harus dipegang selama pembuatan film panjang ataupun pendek.

Ini Kebohongan-Kebohongan Kylie Jenner Seputar Kekayaannya Menurut Forbes
ShowBiz
Ini Kebohongan-Kebohongan Kylie Jenner Seputar Kekayaannya Menurut Forbes

Meski tanpa bukti, Forbes mengklaim Kylie melakukan perancangan laporan pajak dengan angka palsu.

Cara Raih Peluang Kerja di Tengah Pandemi
Fun
Cara Raih Peluang Kerja di Tengah Pandemi

Ada sejumlah tips bagi para pencari kerja terkait cara meraih peluang kerja di tengah pandemi Corona.

Raih Rating Tinggi, Penayangan Drakor 'The World of The Married' Terancam Dihentikan
ShowBiz
Fitur Baru Twitter. Bisa Lempar Tweet dengan Suara
Fun
Fitur Baru Twitter. Bisa Lempar Tweet dengan Suara

Bisa unggah suara lewat Twitter.

Pandemi Jadi Irit, Bikin Saldo Rekening Enggak Rumit
Fun
Pandemi Jadi Irit, Bikin Saldo Rekening Enggak Rumit

Selalu ada sisi positif di setiap situasi yang kita alami.