Langkah Dinas Bina Marga DKI Tangani Genangan di Protokol Jakarta Ilustrasi banjir. Foto: Net

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta membentuk tim siaga penanganan genangan air di jalan protokol Ibu Kota menghadapi musim penghujan yang diprediksi berlangsung mulai bulan November pekan ini.

"Kalau genangan kita tadi udah buat apel kesiapan musim hujan, itu saya kumpulin di wilayah Jakarta Pusat, itu satgas maupun kastpelnya," ujar Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, kemarin.

Baca Juga

Cuaca Ternyata Bisa Memengaruhi Suasana Hati, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Namun Hari tak menjelaskan secara detail wilayah mana saja yang berpotensi tinggi terjadinya genangan. Tapi kata Hari, genangan itu terjadi hampir semua wilayah di Jakarta, karena sudah memasuki musim penghujan.

Untuk mengantisipasi, Hari menginstruksikam jajarannya untuk segera meninjau titik lokasi yang berpotensi mengalami genangan air saat diguyur hujan.

"Initinya seluruh wilayah kita suruh satgas untuk bergerak mengantisipasi genangan air," papar dia.

Ilustrasi banjir
Ilustrasi banjir

Hari menyampaikan, langkah selanjutnya untuk mengatasi genangan air di protokol Jakarta yakni dengan nembersihkan saluran air itu sendiri. Sehingga aliran air saat hujan tiba menjadi lancar dan tidak terhambat oleh material sampah.

"Jadi untuk langkah antisipasi genangan atau pun musim hujan, kita harus membersihkan tali tali air atau mulut mulut air yang ada dibahu jalan dan trotoar. Kedua itu kita buat jalan jalan berlobang itu kita tutup, karena bisa mencederai dan juga kalau ke tutup, air bisa tersumbat," ujarnya.

Baca Juga

Daerah Ini Potensi Cuaca Buruk, BMKG Minta Warga Waspada

Selanjutnya menurut Hari, yang paling penting adalah meratakan saluran air dengan permukaam jalan agar tidak membahayakan pengendara saat melintas di jalan-jalan protokol di Jakarta.

"Penutup grill (saluran air) atau kantong itu diratakan dengan permukaan jalan, biar ga jeglog gitu," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH