Langka, 3 Kondisi Tubuh Unik Ini Hanya Dimiliki Segelintir Orang di Dunia Ini fitur langka tubuh manusia. (Foto: Steemit)

SEKITAR 8,7 juta spesies hidup di bumi, manusia merupakan spesies paling unik dan berakal. Meskipun begitu, populasi dunia saat ini sudah hampir mencapai delapan miliar jumlahnya, setiap orang memiliki wajah dan tampilan fisik berbeda.

Terlepas dari beragam perbedaan, ternyata masih ada lagi sekumpulan orang sangat spesial yang memiliki bagian atau fitur tubuh yang langka. Dilihat dari sisi biologis, mulai dari bagian tubuh berlebih hingga tipe golongan darah langka. Berikut keunikan tubuh manusia yang sangat jarang dimiliki di dunia.

Baca juga:

Keindahan Bentuk Mata Perempuan dari Berbagai Belahan Dunia

1. Warna mata yang berbeda

Langka, 3 Kondisi Tubuh Unik Ini Hanya Dimiliki Segelintir Orang di Dunia
Memiliki warna mata yang berbeda merupakan kondisi tubuh langka. (Foto: thelist.com)

Dilansir dari Medical News Today, memiliki sepasang mata dengan warna yang berbeda disebut heterochromia. Fitur tubuh langka ini dikondisikan menjadi tiga jenis, yaitu heterochromia lengkap, pusat, dan parsial.

Heterochromia lengkap merupakan kondisi dimana seseorang memiliki dua mata yang benar-benar berbeda. Central heterochromia adalah dimana kedua mata memiliki warna yang berbeda pada iris yang sama. Heterochromia parsial dimana dalam satu mata terdapat dua warna yang berbeda.

2. Golden Blood hanya dimiliki 40 orang di dunia

Langka, 3 Kondisi Tubuh Unik Ini Hanya Dimiliki Segelintir Orang di Dunia
Golden Blood hanya dimiliki 40 orang di dunia. (Foto: thelist.com)

Menurut Australian Academy of Science, golongan darah yang tidak memiliki Rh antigen sama sekali lebih langka daripada orang yang memiliki golongan darah AB negatif.

Pada tahun 1961, orang asli Australia menjadi orang pertama yang memiliki kondisi darah seperti ini. Bahkan, Mosaic Science menyatakan bahwa para peneliti baru mengidentifikasi 40 orang dengan tipe darah tanpa Rh antigen ini.

Sandra Nance, direktur American Rare Donor Program mengatakan bahwa saat ini hanya ada sembilan pendonor aktif dari tipe darah langka ini sehingga tidak heran jenis darah ini disebut juga sebagai golden blood.

Baca juga:

Enggak Selalu Otot, Inilah Bagian Tubuh Pria yang Dianggap Seksi di Mata Perempuan!

3. Lubang kecil dekat telinga

Langka, 3 Kondisi Tubuh Unik Ini Hanya Dimiliki Segelintir Orang di Dunia
Apakah kamu memiliki lubang kecil dekat telinga? (Foto: thelist.com)

Dinamakan sebagai lubang preauricular, kondisi tubuh ini dianggap sangat langka. Di Amerika Serikat dan Inggris, hanya sekitar 0.1% sampai 0.9% bayi yang lahir dengan lubang kecil ini.

Children's Hospital of Philadelphia menjelaskan bahwa lubang ini pada dasarnya adalah saluran sinus yang berjalan di bawah kulit yang tidak semestinya berada disana.

Lubang ini tercipta pada minggu keenam kehamilan dan biasanya hanya ada pada satu telinga saja. Meskipun begitu, jangan takut. Lubang preauricular ini tidak ada kaitannya dengan pendengaranmu. (shn)

Baca juga:

Bukan Dada, Ini Bagian Tubuh Perempuan yang Membuat Pria Tergila-Gila



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH