Lancar saat Kencan Pertama, Kenapa Si Gebetan Menolak di Kesempatan Berikutnya? Berbagai alasaan gebetan menolak untuk melakukan kencan untuk kali kedua (Foto: Pixabay/StockSnap)

KETIKA memutuskan berkencan demgan gebetan untuk pertama kalinya, kamu menyukai fisik serta pembawaannya, dan kamu juga merasa bahwa dia juga berperasaan sama. Kalian berbicara berjam-jam dan kalian memiliki ketertarikan hobi bahkan sense of humor yang sama, kamu menganggap bahwa dia adalah orang yang tepat. Namun ketika kamu mengajaknya untuk bertemu kembali, seringkali si gebetan menolak untuk melakukannya.

Telah menghadapi banyak pasien dengan permasalahan yang serupa, Dr. Guy Winch telah merangkum beberapa kemungkinan alasan yang bisa menjadi penyebab si gebetan tidak menginginkan kencan kedua.

1. Mereka menyukaimu, tapi tidak untuk hubungan romantis

Lancar saat Kencan Pertama, Kenapa Si Gebetan Menolak di Kesempatan Berikutnya?
Menganggap kamu lebih seru dijadikan teman. (Foto: Families for Life)

Pernahkah kamu merasa bahwa seseorang memiliki fisik yang menarik, seru diajak bicara, menyenangkan dan baik, namun kamu merasa kamu tidak memiliki chemistry yang cukup jika untuk berhubungan romantis dengannya?

Jika pernah, maka itu bisa saja yang mereka rasakan terhadap kamu. Chemistry merupakan sesuatu yang tidak berwujud, sehingga tidak semuanya bisa kamu kaitkan dengan atraksi fisik. Mereka bisa saja menganggap kamu menarik dan menyenangkan, namun mereka lebih memilih untuk berteman denganmu.

2. Kamu mengingatkannya terhadap orang lain

Lancar saat Kencan Pertama, Kenapa Si Gebetan Menolak di Kesempatan Berikutnya?
Kamu bisa saja mengingatkan mereka terhadap orang lain. (Foto: Variety)

Setiap orang memiliki persepsi dan label yang berbeda-beda terhadap sesuatu baik dari penampilan, pekerjaan, sampai latar belakang kamu.

"Dia seorang pengacara, dan kedua mantanku adalah seorang pengacara, dan mereka terlalu serius. Maka sebaiknya aku menjauhi dia."

Bisa juga dia tidak tertarik melanjutkan hubungan denganmu karena kamu kenal atau pernah satu sekolah dengan mantannya. Sesungguhnya ada seribu alasan mengapa dia tidak menginginkan kencan kedua, dan tidak mutlak karena dia semata-mata hanya tidak menyukaimu.

3. Mereka belum move on

Lancar saat Kencan Pertama, Kenapa Si Gebetan Menolak di Kesempatan Berikutnya?
Dia masih memikirkan mantannya. (Foto: Thought Catalog)

Banyak pasien dari Dr. Winch yang tetap pergi kencan mesikpun mereka belum bisa melupakan mantan mereka. Mereka berharap mereka bisa menemukan seseorang yang hebat dan cocok dengan mereka sehingga mereka bisa move on dan menjalin hubungan yang baru.

Jika ini masalah yang terjadi, maka pastinya ini akan terasa lebih sulit untukmu. Bisa saja sesungguhnya mereka menginginkan kencan kedua denganmu, namun mereka merasa mereka masih terikat kepada mantan mereka secara emosional sehingga perasaan mereka sendiri pun belum stabil.

Pada dasarnya, tindakan ini adalah hal yang salah. Kamu harus bisa menyembuhkan dirimu sendiri terlebih dahulu, bukan mencari orang lain untuk membantu kamu pulih. Karena jika orang tersebut pergi meninggalkanmu, maka lukamu tidak akan sembuh dan kamu tidak akan bisa berdamai dengan dirimu sendiri.

4. Kamu terlalu baik untuk mereka

Lancar saat Kencan Pertama, Kenapa Si Gebetan Menolak di Kesempatan Berikutnya?
Kamu memiliki preferensi terlalu tinggi untuk mereka. (Foto: coucousuzette.com)

Ada beberapa situasi dimana seseorang merasa bahwa kamu terlalu tinggi untuknya. Kamu bisa saja lebih visioner, ambisius dan terstruktur dalam mengejar cita-citamu, sedangkan dia lebih santai dan belum memikirkan masa depannya sebaik kamu.Kamu suka berpesta dan bersenang-senang, sedangkan mereka sangat anti terhadap alkohol, merokok, serta kehidupan malam.

Meskipun kamu tidak menunjukkannya pada kencan pertama kalian yang berlangsung sempurna, tetapi bisa saja mereka merasa minder dan merasa mungkin saja kamu akan menghakimi perilaku dan gaya hidup mereka dan merasa kalian bukanlah kedua individu yang cocok.

5. Mereka hanya ingin berhubungan fisik

Lancar saat Kencan Pertama, Kenapa Si Gebetan Menolak di Kesempatan Berikutnya?
Bisa jadi mereka hanya ingin FWB denganmu. (Foto: BT.com)

Bagi para pecinta friends with benefit, kencan merupakan hal terakhir yang mereka ingin lakukan denganmu. Kontak fisik menjadi tujuan utama mereka, dan jika mereka melihat kamu sebagai sosok yang baik dan kalian berdua telah melalui waktu yang menyenangkan bersama.

Mereka bisa saja merasa bahwa mereka bisa menyakiti kamu dan mereka telah membangun rasa respect terhadap kamu, sehingga merasa tidak mungkin bagi mereka untuk menjalankan misi hook up denganmu, sehingga mereka lebih baik mencari orang lain dengan ketertarikan yang sama. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH