Musik
Lana Del Rey Jadi Mata Kuliah di New York University Lana Del Rey menyediakan platform baru bagi musisi untuk menciptakan karya "anti-pop" dalam arus utama. (Foto: wikimedia)

MENYUSUL mata kuliah Taylor Swift yang diperkenalkan pada awal 2022, Clive Davis Institute di New York University (NYU) kembali memperkenalkan mata kuliah sosok penyanyi terkenal lainnya, Lana Del Rey. Dibawakan oleh jurnalis dan penulis Kathy Iandoli, mata kuliah 2 SKS itu berjudul Topics in Recorded Music: Lana Del Rey dan akan berlangsung pada 20 Oktober hingga 8 Desember 2022.

Menurut perwakilan NYU, mata kuliah ini akan membahas kontribusi Del Rey terhadap ketenaran pop abad ke-21, hubungannya dengan feminisme, pengaruh musik dan artis dalam karyanya, pengaruhnya pada musisi lain, dan hubungannya dengan gerakan keadilan sosial seperti #BlackLlivesMatter, #MeToo dan #TimesUp.

"Selama delapan album yang diakui secara kritis, artis enam kali nominasi Grammy ini telah memperkenalkan versi kesedihan, melankolis, dan barok dari dream pop yang pada gilirannya membantu mengubah dan menemukan kembali suara (dan suasana hati) dari musik arus utama selepas periode 2010-an," jelas deskripsi mata kuliah ini.

"Melalui visualnya yang menawan dan perhatian tematiknya terhadap kesehatan mental dan kisah cinta yang rusak dan 'beracun', Del Rey menyediakan platform baru bagi seniman dari semua jenis kelamin untuk menciptakan karya substansi anti-pop yang dapat hidup dalam arus utama yang sebelumnya dikategorikan sebagai 'permen karet'," lanjut deskripsi tersebut.

Baca juga:

Ada Mata Kuliah tentang Drake dan The Weeknd di Universitas Ini

Lana Del Rey Jadi Mata Kuliah di New York University
Sebelumnya, Clive Davis Institute membuka mata kuliah Taylor Swift yang juga menerima gelar doktor kehormatan NYU. (Foto: YouTube/New York University)

Kathy Iandoli selaku pengajar mata kuliah Lana Del Rey mengatakan, “Dalam banyak hal, saya merasa ia adalah cetakan awal dan sebuah peringatan akan hidup bintang pop yang rumit yang sangat dekat dengan penggemarnya, bukan karena bagaimana dia membuat mereka merasakan kisahnya, melainkan bagaimana dia membuat mereka merasa tentang diri mereka sendiri."

"Del Rey telah mengubah parameter pop barok dan sekarang lebih khusus 'sad girl pop' melalui musiknya, dengan memperluas materi pelajaran yang terkadang kontroversial dan menantang. Ada begitu banyak potongan dalam mosaik ini yang sekarang kita kenal sebagai Lana Del Rey, dan kursus ini membahas setiap dimensinya," jelas Iandoli seperti dilansir Variety , Rabu (20/9).

Diketuai oleh penulis musik dan musisi veteran Jason King, Clive Davis Institute telah memasukkan kelas-kelas yang diajarkan oleh Questlove, penulis 'Dilla Time' Dan Charnas, Q-Tip, produser-insinyur legendaris Bob Power, dan banyak lainnya.

Baca juga:

Harry Styles akan Jadi Mata Kuliah di Texas State University

Lana Del Rey Jadi Mata Kuliah di New York University
Mata kuliah 'Topics in Recorded Music: Lana Del Rey' akan berlangsung pada 20 Oktober hingga 8 Desember 2022. (Foto: wikimedia)

“Ketika kami menawarkan kursus bertema seniman di Clive Davis Institute, kami selalu bertanya: bagaimana karya seniman ini membantu siswa berpikir melalui masalah atau gerakan budaya, sosial atau politik yang lebih besar dan kompleks? Lana Del Rey membiaskan begitu banyak perubahan dalam budaya kontemporer, terutama karena peran perempuan dalam musik pop kontemporer terus bergeser," ujar Jason King.

King juga menambahkan dengan mempelajari Lana Del Rey berarti berpikir lebih kritis tentang semakin populernya apa yang disebut anti-pop.

"Ini berarti menemukan cara untuk mempertimbangkan peningkatan minat pada kesehatan mental dan masalah kerusakan psikologis, dan untuk mengevaluasi perubahan dalam cara kita berpikir tentang identitas, terutama dalam hal ras, jenis kelamin, bangsa dan kelas. Lana sangat relevan, dan kontroversial, dalam hal mengubah gagasan tentang feminisme interseksional selama dekade terakhir," ujarnya.

“Inti dari kelas bertema seniman kami di Clive Davis Institute adalah untuk mendorong siswa berpikir lebih dalam dan kritis tentang ikon yang mereka kagumi dan untuk mengembangkan pemahaman historis dan kontekstual dari seniman tersebut,” tegas King.

Harapannya, mahasiswa melakukan studi Lana Del Rey dengan lensa kritis yang sama dengan pendekatan mereka terhadap studi Led Zeppelin atau John Coltrane atau Bob Marley atau Stevie Wonder atau Joni Mitchell, dalam kursus Menulis/Sejarah/Emergent Media Studies lainnya yang ditawarkan. (aru)

Baca juga:

Ada Mata Kuliah Taylor Swift di Universitas New York

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Beri Kenyamanan, Ini Posisi Terbaik untuk Menyusui
Fun
Beri Kenyamanan, Ini Posisi Terbaik untuk Menyusui

Posisi menyusui dapat menjadi kunci keberhasilan memberikan ASI agar kebutuhan bayi tercukupi.

Momen di Konser NCT 127 di Jakarta
ShowBiz
Momen di Konser NCT 127 di Jakarta

Dari Penghentian hingga Akhir nan Sempurna,

Detail dan Inspirasi di Balik Film Animasi 'Turning Red'
ShowBiz
Detail dan Inspirasi di Balik Film Animasi 'Turning Red'

Turning Red tayang 11 Maret 2022 di Disney Plus Hotstar.

Desa Beleka, Sentra Anyaman Rotan Nan Mendunia
Hiburan & Gaya Hidup
Desa Beleka, Sentra Anyaman Rotan Nan Mendunia

Desa Beleka merupakan salah satu pusat anyaman rotan yang mendunia

Debut ‘Halloween Ends’ Berhasil Puncaki Box Office AS
ShowBiz
Debut ‘Halloween Ends’ Berhasil Puncaki Box Office AS

Halloween Ends adalah film final dari trilogi Halloween.

Agnimaya akan Tampil di We The Fest 2022
Fun
Agnimaya akan Tampil di We The Fest 2022

Agnimaya mengaku merasa senang dan tidak menyangka.

PlayStation Berikan Fitur Multiplayer Gratis pada PlayStation Plus Sambut Valentine
Fun
PlayStation Berikan Fitur Multiplayer Gratis pada PlayStation Plus Sambut Valentine

Untuk kamu yang berlangganan PlayStation Plus dapat bermain dengan teman kamu yang tidak berlangganan.

Mengakali Indera Perasa Biar Rasa Kantuk Aing Hilang
Fun
Mengakali Indera Perasa Biar Rasa Kantuk Aing Hilang

Berbagai cara nyeleneh agar kamu tidak mengantuk.

Bernyanyi Bisa Bantu Sembuhkan Kanker?
Fun
Bernyanyi Bisa Bantu Sembuhkan Kanker?

Bernyanyi di paduan suara juga bisa meningkatkan suasana hati.

Buka Akses Global, Trinity Optima Production Jalin Kerja Sama dengan Asimula Inc
Hiburan & Gaya Hidup