Lampu Pelangi Tidak Boleh Nyala di Allianz Arena

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 23 Juni 2021
Lampu Pelangi Tidak Boleh Nyala di Allianz Arena
Allianz Arena. (Foto: change.org)

LAMPU pelangi tidak akan menerangi Allianz Arena. Tadinya lampu yang mendukung hak kaum LGBTQ+ ini akan menyala di pertandingan Euro 2020 saat Jerman melawan Hungaria pada laga terakhir grup F yang digelar Rabu (23/6) waktu setempat.

Melansir The Guardian, Badan sepak bola Eropa (UEFA) mengatakan lampu pelangi akan bertentangan dengan aturannya tentang netralitas politik dan agama. Hungaria memiliki undang-undang disahkan oleh parlemen yang berisi melarang orang gay untuk tampil di materi pendidikan sekolah atau acara TV anak di bawah 18 tahun.

Baca juga:

Warna-Warni Bermakna Pada Bendera Pelangi

Walikota Munich, Dieter Reiter, dilaporkan pada Selasa sore berencana untuk menyalakan turbin angin di seberang stadion dengan warna pelangi. Stadion sepak bola di tempat lain di Jerman, termasuk di Cologne dan Frankfurt, berjanji untuk menyalakan lampu pelangi tersebut.

Lampu pelangi tidak boleh nyala karena bertentangan dengan prinsip UEFA sebagai organisasi yang netral. (Foto: goal.com)

Dewan kota Munich mengatakan ingin menerangi stadion untuk "mengirim sinyal dukungan untuk inklusivitas dan keragaman". Tetapi UEFA mengatakan mereka tidak punya pilihan selain menolak tindakan itu dengan alasan bertentangan dengan peraturannya sebagai organisasi politik yang netral.

"Saya merasa memalukan bahwa UEFA melarang kita untuk memberi contoh keragaman, toleransi, rasa hormat dan solidaritas," kata Reiter. Dia juga mengkritik federasi sepak bola Jerman DFB yang tidak membela Munich.

Klub Bundesliga Eintracht Frankfurt berencana untuk menunjukkan solidaritas lewat kampanye dengan menyalakan lampu ini di Deutsche Bank Park.

Baca juga:

Warna Pelangi di Bulan Juni

"Jika Munich tidak diizinkan untuk melakukannya pada hari Rabu, maka stadion lain di negara ini harus menunjukkan warna mereka. Deutsche Bank Park akan menyala dengan warna pelangi pada saat pertandingan Hungaria," ujar juru bicara Eintracht Frankfurt, Axel Hellmann di Twitter.

Barcelona mendukung LGBTQ+. (Foto: Twitter/FC Barcelona)

FC Cologne mengatakan juga akan bergabung dalam kampanye ini. “Kami sangat menyambut baik ini. Cologne dan FC berdiri untuk keragaman dan toleransi,” kata kepala eksekutifnya, Alexander Wehrle, kepada penyiar WDR.

Dukungan untuk langkah Munich tumbuh di seluruh Eropa. Bayern Munich sebagai tuan rumah menyatakan solidaritasnya dalam tweet yang ditulis dari presidennya, Herbert Hainer.

“Kami akan senang jika Allianz Arena bisa diterangi dengan warna pelangi pada hari Rabu. Keterbukaan dan toleransi adalah nilai-nilai fundamental yang diperjuangkan oleh masyarakat kita dan FC Bayern”.

Barcelona dan Juventus juga men-tweet dukungan dengan menambahkan warna pelangi sebagai latar belakang logo klub mereka. (ikh)

Baca juga:

The Prom, Kampanye LGBT Lewat Film di Netflix

#Piala Eropa #Allianz #Stadion #Jerman
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan