Ekspresikan Kemarahan dengan Cara yang Benar

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 22 Desember 2022
Ekspresikan Kemarahan dengan Cara yang Benar
Melepaskan kemarahan dengan cara yang tidak sehat berpotensi menyakiti diri sendiri dan orang di sekitarmu. (freepik/jcomp)

TIDAK ada cara yang tepat untuk mengekspresikan kemarahan. Namun, selalu ada cara yang salah: sarkasme, agresi pasif, agresi langsung. Ternyata ada solusi yang lebih sehat untuk menyalurkan emosi tersebut.

Kemarahan tidak hilang begitu saja, tetapi itu tidak berarti kamu harus menyerah padanya dalam kemarahan yang tak terkendali. Saat kamu diliputi perasaan marah (ditekan atau tidak), ada baiknya kamu menyiapkan teknik koping.

Jika tidak, kamu berisiko melepaskan kemarahan dengan cara yang tidak sehat yang berpotensi menyakiti diri sendiri dan orang di sekitarmu. Berikut adalah ide mengenai cara sehat untuk menyalurkan agresi dan melampiaskan amarah.

Baca Juga:

Mudah Menangis Saat Marah? Ini Penjelasan Medisnya

marah
Membiarkan diri berteriak atau mendengus selama berolahraga dapat membantu pelepasan amarah. (Pexels/Monstera)

Bergeraklah sebisa kamu


Kita sudah lama tahu bahwa olahraga menghilangkan stres, terlepas dari tingkat keahlianmu. Kamu tidak perlu mendaftar ke kelas tinju, temukan video latihan gratis secara daring atau lakukan lari beberapa keliling di sekitar rumah. Jika kamu memiliki pekarangan, lempar bola ke dinding. Membiarkan diri berteriak atau mendengus selama berolahraga dapat membantu kamu masuk ke zona pelepasan amarah.

Tunjukkan rasa frustrasi secara visual


Menerima email yang memicu kemarahan dari atasan? Prin dan sobek sampai tercabik-cabik. Jika kamu merasa tidak memiliki pelampiasan fisik untuk kemarahanmu, buatlah sendiri. Kamu juga dapat menuliskan semua pikiran marah di atas kertas dan kemudian menghancurkannya sesukamu, apakah itu mencoret-coretnya, mengirimkannya melalui mesin penghancur, atau melemparkannya ke dalam api.

Baca Juga:

Jangan Langsung Marah saat Anak Berkata Kasar

marah
Menyalurkan amarah dengan cara yang lebih terkontrol, seperti menyanyi dalam privasi mobilmu. (freepik/diana.grytsku)

Salurkan secara kreatif


Kamu juga bisa melampiaskan kemarahan melalui saluran yang lebih menenangkan dan bijaksana. Jika berlari di sekitar rumah dan merobek kertas hanya menambah kemarahan, berikut adalah beberapa ide untuk menyalurkannya dengan cara yang lebih terkontrol:

- Menyanyi dalam privasi mobil atau di dalam kamar mandi sangat ideal

- Menggambar atau melukis untuk melepaskan, bukan untuk membuat pajangan

- Menulis jurnal agar tidak merasa tertekan untuk mengartikulasikan kemarahan

- Mendengarkan musik yang menenangkan dan membangkitkan semangat

- Mencoba yoga dengan fokus pada pernapasan akan memaksamu untuk duduk dengan amarah

- Membicarakannya dengan seseorang yang kamu percayai

Seperti halnya reaksi emosional yang kuat, memendamnya di dalam kemungkinan besar akan menjadi bumerang. Pertimbangkan untuk menghubungi teman tepercaya atau orang terkasih tentang kemarahanmu.

Evaluasi apakah reaksi kamu sebanding dengan masalah. Sedikit perspektif dapat membantu meredakan emosi dan membantu kamu menenangkan diri.

Selanjutnya, cobalah mendokumentasikan saat-saat kamu merasa marah untuk mengidentifikasi pola yang membuat marah. Apakah kamu selalu kesal pada orang yang sama? Apakah ada perilaku atau situasi tertentu yang hanya mengganggumu? Mengetahui hal ini dapat membantu kamu mempersiapkan, mengelola, atau menghindari perasaan marah di kemudian hari. (aru)

Baca Juga:

Sebelum Marah, Coba Kendalikan Diri Agar Lebih Tenang

#Lipsus Desember Kesehatan Mental #Kesehatan #Kesehatan Mental
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan