Lamborghini Segera Lahirkan Mobil Hybrid Pertamanya

Andrew FrancoisAndrew Francois - Minggu, 17 Juli 2022
Lamborghini Segera Lahirkan Mobil Hybrid Pertamanya
Penerus Huracan akan memiliki sistem penggerak hybrid. (Foto: Lamborghini)

LAMBORGHINI dipastikan akan mengganti model Huracan dalam waktu dekat, meski belum diketahui mobil seperti apa yang akan dihadirkan. Huracan memulai debutnya pada akhir 2013, supercar entry-level itu bukan lagi senjata yang mumpuni untuk Lamborghini.

Ada desas-desus bahwa penggantinya bisa tiba pada 2024, namun hingga kini belum ada kepastian. Kendati demikian, Lamborghini telah mengonfirmasi kepada Auto Express bahwa pengganti Huracan akan mendapatkan sistem hybrid.

Laman Motor1 melaporkan, sistem powertrain PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) garapan Lamborghini diprediksi paling cepat dirilis pada 2023 mendatang.

Baca juga:

Lamborghini Rilis Huracan Tecnica, Makin Kuat dan Lincah

Lamborghini Huracan sudah debut sejak 2014. (Foto: Lamborghini)

Kepala Teknologi Lamborghini Rouven Mohr mengungkapkan beberapa detail tentang sistem penggerak hybrid itu, perusahaan akan memadukan motor listrik dengan mesin yang berkonfigurasi lebih dari enam silinder tetapi kurang dari 12 untuk mobil baru itu.

Lamborghini memiliki rencana agresif untuk menghadirkan setiap kendaraan dengan varian hybrid pada akhir 2024. Perusahaan telah berinvestasi besar-besaran dalam upaya mengelektrifikasi setiap lini produk mereka.

Disebutkan bahwa Urus akan menjadi produk Lamborghini lain yang akan mendapatkan sistem hybrid, mengikuti pengganti Aventador yang akan tiba pada 2023.

Baca juga:

Mengintip Spesifikasi Lamborghini Huracan Evo Spyder yang Dibeli Hotman Paris

Lamborghini akan segera hadirkan pengganti Huracan. (Foto: Lamborghini)

Sejumlah sumber menyebutkan SUV mewah nan kencang itu bisa saja mendapatkan mesin turbo ganda baru hybrid dari Porsche. Bila demikian, Urus akan ditenagai mesin V8 4.000 cc, mesin yang menggerakkan Panamera Turbo S E-Hybrid.

Sistem penggerak hybrid itu menghasilkan 689 tenaga kuda (513 kilowatt), dan muncul desas-desus yang memprediksi sistem penggerak yang sama itu bisa menghasilkan tenaga yang lebih 'monster', yakni sekitar 820 hp (611 kilowatt) di Urus.

Adapun powertrain hybrid baru untuk Huracan bisa tiba paling cepat di 2023, tetapi tidak jelas apakah itu akan hadir di mobil penerus Huracan atau dirilis sebagai model lain. Huracan dengan mesin pembakaran murni terakhir akan diproduksi di 2022, dan belum diketahui apa yang akan terjadi selanjutnya. (waf)

Baca juga:

Dani Pedrosa Terjun ke Lamborghini Super Trofeo

#Lamborghini #Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan