Lambannya Respon KPU Soal Prosedur Pencoblosan Sebabkan Masa Tenang Jadi Tegang Peneliti Formappi Lucius Karus (Foto: Twitter:/@luciuskarus)

MerahPutih.Com - Peneliti dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menyayangkan masa tenang jelang pencoblosan diwarnai ketegangan.

Ketegangan yang terjadi di masa tenang menurut Lucius Karus disebabkan lambannya penyelanggara pemilu memberikan kepastian prosedur. Respon KPU yang lamban terhadap sejumlah permasalahan seputar pencoblosan menyebabkan pemilih kelimpungan, apalagi terkait dengan sah tidaknya surat suaranya.

"Saya kira kepastian prosedur perlu ditegaskan oleh penyelenggara pemilu. Sehingga orang datang besok lebih yakin," kata Lucius dalam sebuah diskusi bertajuk "Hari Tenang Jangan Bikin Tegang" di kawasan Setia Budi, Jakarta, Selasa (16/4).

Lucius Karus dalam diskusi publik di Jakarta
Peneliti Formappi Lucius Karus (paling kanan) sesalkan lambannya respon KPU terkait prosedur pencoblosan (MP/Kanu)

Kekhawatiran Lucius tersebut beralasan, sebab dalam pengakuannya ia telah mendapat banyak kiriman pesan berantai dari aplikasi WhatsApp soal prosuder pencoblosan namun belum mendengar keterangan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Suara penyelenggara pemilu pusat tidak kedengaran sampai saat ini. Ada-lah udah banyak broadcast. Tapi, tiada kepastian dijelaskan oleh penyelenggara pemilu," sesal Lucius.

Oleh karena itu, dirinya yakin, pencoblosan besok akan berjalan sesuai yang diharapkan. Lagi-lagi, Lucius mengingatkan penyelenggara pemilu untuk merespons isu yang berkembang yakni prosedur pencobolasan.

"Tidak ada tanda-tanda besok akan menjadi hari menegangkan. Yang buat tegang justru prosedur itu. Karena, tidak cepat direspon oleh penyelenggara pemilu. Tegang tidak karena emosi, tapi banyak kebingungan bagaimana menjemput hari esok terkait prosedur," pungkas Lucius Karus.(Knu)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH