Lalu Muhammad Zohri, Si Kuda Hitam yang Membungkam Dunia Lalu Muhammad Zohri. (Twitter/iaaforg)

INDONESIA menorehkan sejarah di dunia atletik lari 100 meter putra. Seorang bocah dari Lombok menjadi satu-satunya atlet Indonesia yang pernah menjuarai ajang lari 100 meter putra.

Prestasi ini ditorehkan Lalu Muhammad Zohri di ajang Kejuaraan dunia Atletik U20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7) malam waktu setempat. Prestasi ini diraih lalu ketika semua orang fokus melihat gegap gempita Piala Dunia.

Lalu, Lalu Muhammad Zohri memenangkan kejuaraan ini? Pelari yang tidak diunggulkan ini mengalahkan bayak pelari dunia di antarannya pelari U20 terbaik Amerika Serikat Anthony Scwartz dan Eric Harrison.

Bahkan ditulis dalam akun Twitter resmi IAAF, Lalu membuktikan bahwa semua orang seharusnya tidak pernah meremehkan "kuda hitam".

lalu muhammad zohri
Lalu Muhammad Zachri. (Foto: athleticsweekly)

"Sebuah momen bersejarah! Lalu Muhammad Zohri menjadi orang Indonesia pertama yang memenangkan medali di kejuaraan ini. Lalu Muhammad Zohri membuktikan sekali lagi bahwa Anda seharusnya tidak pernah meremehkan kuda hitam. Atlet berusia 18 tahun itu membawa medali pertama untuk negaranya," tulis IAAF.

Zuhro berada di lintasan 8. Saat pertama kali masuk arena, dia berjalan tanpa rasa takut. Celana merah dan baju loreng merah-putih-hitam.

Dia mengenakan jersey dominan merah putih. Dia lari dengan meyakinkan hingga berakhir litasan. Setelah finish, terlihat bagaimana Zuhro tidak diunggulkan. Kamera bahkan terus menyorot unggulan Anthony Scwartz yang terus tengah menunggu hasil.

Tonton videonya:

Baru setelah beberapa lama, kamera menyorot Zuhro. Terlihat Zuhro berselebrasi dengan melakukan sujud syukur. Dia kemudian berlari-lari dalam lintasan sambil terus melihat ke arah penonton. Dia juga sempat berfoto bersama kedua pelari Amerika yang tengah memegang bendera mereka di tengah selebrasinya.

"Saya mau berpesta malam ini, saya sangat gembira dengan personal best saya, dan rekor nasional yang saya dapatkan. Saya akan bersiap untuk Asian Games bulan depan, ini menjadi pengalaman paling menyenangkan sepanjang karir saya," ujar Lalu yang merupakan kelahiran 1 Juli 2000 ini dikutip dari laman PB PASI, Kamis (12/7). (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Detik-Detik Bersejarah Bocah Ajaib Lombok Juara Dunia Lari 100 Meter, Kalahkan Sprinter Terbaik Amerika

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH