Lalu Lalang Kereta Meningkat, Pengendara Diingatkan Berhati-Hati Lewati Perlintasan Sebidang

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 29 April 2022
Lalu Lalang Kereta Meningkat, Pengendara Diingatkan Berhati-Hati Lewati Perlintasan Sebidang
Kapolda DIY memantau jalur perlintasan KA dan penjagaan perlintasan KA. (Foto: MP/Humas KAI Daop 6)

MerahPutih.com - Jadwal keberangkatan kereta diwilayah Daerah Operational (Daop) VI meningkat selama pekan mudik Lebaran 2022.

Manager Humas Daop VI Supriyanto menjelaskan, selama pekan mudik terdapat total 144 perjalanan kereta api setiap hari yang melintas.

Terdiri yaitu 94 kereta jarak jauh, 24 perjalanan KRL, delapan perjalanan Prameks, 20 perjalanan KA Bandara YIA, dan delapan perjalanan kereta barang. Ia menegaskan pengguna jalan untuk mendahulukan perjalanan kereta api dan tidak nekat menerobos jalur kereta.

Baca Juga:

Penumpang Kereta Api H-5 Lebaran Capai 91 Ribu Lebih

"Pastikan saat melintas tidak ada kereta api yang lewat. Kecepatan kereta api cukup tinggi dan kereta tidak bisa berhenti mendadak," tegas Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Supriyanto di Yogyakarta, Jumat (29/04).

Menurut dia, tidak semua perlintasan sebidang di wilayah kerja PT KAI Daop 6 Yogyakarta sudah dilengkapi dengan palang pintu perlintasan dan dijaga oleh petugas.

Berdasarkan data per April, di Daop 6 Yogyakarta terdapat total 342 perlintasan sebidang dan tidak sebidang. Sebanyak 137 perlintasan sebidang resmi dilengkapi dengan petugas jaga dan 163 perlintasan tidak dijaga.

“Masih ada 15 perlintasan liar dan sisanya adalah perlintasan tidak sebidang yang terdiri dari 13 flyover dan 14 underpass. Tidak semua perlintasan itu ada palang penutup dan petugas jaga. Makanya berhati-hatilah,” kata dia.

Baca Juga:

Tiket Kereta Api Lebaran Hari Ini Ludes Terjual

Suprityanto berharap agar tidak terjadi kecelakaan kembali di perlintasan kereta seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, di mana sebuah mobil truk dumb tertabrak KA Lodaya di wilayah Gamping, Kabupaten Sleman, DIY.

Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta Irjen Asep Suhendar memastikan, jalur kereta api wilayah Daop 6 Yogyakarta dari Stasiun Tugu Yogyakarta sampai Stasiun Wates, Kulon Progo aman dan siap menyambut pemudik.

Pihak kepolisian bekerja sama dengan KAI sudah menyebar petugas jaga di perlintasan kereta yang ramai dilalui kendaraan pemudik.

"Berdasarkan pemantauan ada beberapa perlintasan KA yang dilalui penyeberang jalan dan kendaraan tidak ada palang pintunya. Namun dari hasil pemantauan kami, sudah ada personel dari petugas gabungan baik PT KAI dan polisi yang berjaga," pungkasnya. (Patricia Vicka/Yogyakarta)

Baca Juga:

Melepas Rindu Mudik Lewat Sajian Hidangan Restoran Kereta Api

#PT KAI #Kereta Api #Kecelakaan Kereta
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan