AFF Cup 2018

Lalai Soal Jersey, Timnas Indonesia Terancam Sanksi Berat

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 15 November 2018
Lalai Soal Jersey, Timnas Indonesia Terancam Sanksi Berat
Indonesia v Timor Leste. Foto: affsuzukicup

MerahPutih.com - Kejanggalan terlihat pada jersey timnas Indonesia saat melawan Timor Leste pada laga kedua Grup B Piala AFF 2018, Selasa (13/11) malam WIB.

Saat itu, skuat Garuda memakai jersey utama berwarna merah. Ternyata, jika lihat secara kasat mata ada keanehan yang terdapat di kostum para pemain.

Indonesia v Timor Leste. Foto: affsuzukicup

Jersey yang dipakai oleh Beto Goncalves dan kawan-kawan tidak ada patch atau logo turnamen AFF Cup 2018 di bagian lengan. Hal itu berbeda dari saat timnas Indonesia menghadapi Singapura pada laga pertama.

Seragam berwarna putih itu terpasang logo Piala AFF 2018 di bagian lengan kanan. Tetapi, patch itu tidak ada ketika timnas Indonesia memakai jersey utama.

Kelalaian timnas Indonesia tidak pasang logo AFF Cup 2018 membuat skuat Garuda melanggar regulasi yang sudah diterapkan dan terancam sanksi dari pihak penyelenggara.

Pada peraturan tentang Colours and Numbers of Team, terdapat regulasi yang mewajibkan seluruh kontestan untuk memasang logo turnamen di lengan kanan jersey.

"Ruang harus dikosongkan di masing-masing lengan jersey, tak boleh ada logo apparel sponsor atau identitas federasi yang tampak," bunyi peraturan Piala AFF 2018.

Indonesia v Timor Leste. Foto: affsuzukicup

"Ruang Bebas di lengan Jersey itu secara eksklusif disiapkan untuk logo turnamen. Tak ada elemen lain yang boleh berdekat dengan logo tersebut," bunyi peraturan tersebut menambahkan.

Pelanggaran yang dilakukan timnas Indonesia dianggap sangat serius. Panitia AFF Cup 2018 sudah menyiapkan sanksi atas kecerobohan pelanggaran tersebut.

Dalam regulasi Piala AFF 2018, setiap kontestan yang melakukan pelanggaran dalam hal jersey yang mereka kenakan, pelanggaran pertama akan mendapat sanksi berupa denda 5.000 dolar Amerika Serikat atau setara Rp 73,8 juta.

Kemudian, jika pelanggaran tersebut berulang lagi, timnas Indonesia wajib membayar 10.000 dolar Amerika yang setara Rp 147 juta. Pelanggaran lebih lanjut daripada itu akan mendapat sanksi yang lebih berat. (*)

#Iimnas Indonesia #Piala AFF 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan