Lakukan Olahraga Mata Minus Membuat Nyaman Penglihatan Latihlah mata kamu agar lebih sehat dari sebelumnya. (Foto: Pexels/Jan Krnc

GANGGUAN mata yang merusak retina akan memengaruhi fokus pandangan. Tersamarnya penglihatan terhadap objek membuat mata menjadi minus. Hal ini disebabkan kornea mata terlalu cembung dan bola mata yang membesar. Sulitnya mata minus dalam menerima cahaya yang masuk sehingga retina tidak fokus.

Mata minus terbagi ke dalam tiga ukuran, diantaranta miopia rendah berkisaran -0.5D hingga -3.0D, sedang -3.0D hingga -6.0D dan berat melebihi -6.0D seperti yang dilansir dari alodokter. Banyak hal yang memengaruhi mata menjadi minus. Untuk itu, diperlukan olahraga secara teratur dengan melakukan beberapa langkah di bawah ini.


Baca Juga: Bagaimana Orangtua Memahami Pola Tidur Anak-anak?

1. Hangatkan dengan suhu tangan

mata
Hangatkan mata dengan suhu tangan terlebih dahulu untuk membuat rileks (Foto meitan.shop.ru)

Tanganmu bisa mengantarkan suhu hangat yang baik untuk menenangkan kondisi mata. Laman alodokter mengungkapkan, kehangatan tangan dikarenakan aliran darah ke seluruh tubuh dan merangsang organ-organ vital seperti jantung dan otak untuk tetap hangat. Gosokkan kedua tanganmu hingga terasa hangat dan sentuh kelopak mata secara perlahan. Ciptakan suasana yang tenang dan rileks untuk melemaskan mata dan menikmati waktu istirahat.

2. Memutarkan bola mata

mata
Olahraga memutar bola mata searah atau berlawanan dengan jarum jam (Foto Pexels/Pexen Design)

Salah satu olahraga untuk memperbaiki mata yang minus bisa dilakukan dengan melakukan gerakan memutar. Lakukan gerakan memutar bola mata searah dengan jarum jam atau bisa juga berlawanan. Terapi ini mengupayakan fokus pandangan mata.

Posisikan tubuh senyaman-nyamannya dan rileks. Kondisi rileks bisa meningkatkan konsentrasimu dalam melakukan terapi ini. Arahkan matamu ke pojok kanan kanan, atas, kiri dan bawah beberapa kali secara perlahan. Jika rutin melakukan olahraga ini bisa melatih otot mata untuk lebih kuat dan mengurangi rasa tegang yang membuat mata tertekan.


Baca Juga: Tinju Bisa Jadi Pilihan Kebugaran Tubuh


3. Latih otot mata

mata
Melatih otot mata dengan memusatkan pandangan pada satu titik (Foto Pexels/Designecologist)


Melatih otot mata bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus pandangan. Olahraga mata mampu melatih mata yang letih. Untuk itu, manfaatkan barang di sekitarmu sebagai alat bantu untuk memusatkan pandangan. Lakukan selama beberapa saat sekitar 1 hingga 2 menit secara berkala. Usahakan mata dalam keadaan rileks dan nyaman sehingga terhindar dari gangguan yang memungkinkan teralihnya fokus pandangan. Kamu bisa lakukan olahraga mata ini setiap harinya. Selain itu, kamu juga bisa memijat mata selama kurang lebih 10 detik secara lembut. Pemijatan mata ini bisa meregangkan otot mata yang tegang dan melancarkan aliran darah.

4. Lihat ujung hidung

mata
Menjadikan ujung hidung sebagai titik pusat pandangan (Foto Pexels/Zoe)


Tak perlu menggunakan barang, kamu juga bisa menjadikan ujung hidung sebagai titik pusat penglihatan mata. Hal ini bisa melatih konsentrasi dan fokus pandangan sehingga otot-otot mata memusatkan pada satu bagian. Untuk melakukan olahraga ini, posisikan tubuh dengan duduk menyilang dan menitik pusatkan pada hidung sehingga pemandangan lainnya tersamarkan. Lakukan secara berulang dan teratur setidaknya 1 menit sekali. (dys)


Baca Juga: Berenang Membantu Melancarkan Darah Bagi Ibu Hamil



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH