hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Lakukan Ini Di Rumah Saat Physical Distancing Supaya Mental Tetap Sehat Berbagai aktivitas menyenangkan saat di rumah (Sumber: Forbes)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

KETIKA wabah pandemi COVID-19 semakin mengancam kehidupan di seluruh dunia, banyak negara yang menerapkan aturan tinggal di rumah. Tak terkecuali Indonesia. Masyarakat harus tetap di dalam rumah kecuali untuk tugas-tugas yang sangat penting.

Berbagai aktivitas di luar rumah terhenti. Sekolah dan perkantoran menutup gerbang mereka untuk sementara waktu. Kegiatan belajar mengajar atau kerja pindah ke rumah. Berkutat di dalam rumah untuk waktu yang lama bisa menjadi beban mental.

Baca juga:

4 Tips Menghindari Pertengkaran dengan Pasangan karena 'Self Quarantine'

Berikut kegiatan yang menyehatkan mental dan bisa kamu lakukan di dalam rumah:

1. Lepaskan ponsel seharian

Jangan terlalu banyak baca berita seputar Corona (Foto: Pexels/Negative Space)

Seorang Psikiater, Kimberly Meehan merekomendasikan kita untuk membatasi diri membaca berita daring seputar Corona. Tetapkan batasan bagi diri sendiri kapan waktu yang tepat saat memegang ponsel. "Tanpa batasan-batasan itu, tubuh mungkin berada dalam respon negatif yang konstan dan meningkatkan kecemasan," ujarnya.

2. Buat jadwal kegiatan yang menyenangkan

Jadwal
Atur jadwal (Sumber: Time Center)

Memikirkan keadaan dunia yang diganggu oleh virus tak kasat mata dan menular membuat korteks prefrontal kita mulai berpikir liar. Khayalan menakutkan pun membuat kita justru was-was. Untuk itu penting bagi kita menyisakan ruang untuk refreshing. "Mulailah hari dengan sesuatu yang ingin kamu lakukan alih-alih yang harus dilakukan. Seperti membaca beberapa halaman novel sebelum mengerjakan tugas kantor," sarannya.

Baca juga:

Yuk Masak Sendiri Selama 'Self Isolation' dari Virus Corona

3. Berolahraga tanpa berkeringat

Yoga
Lakukan yoga di rumah (Sumber: Yoga)

Olahraga begitu penting bagi kesehatan mental. Olahraga dalam intensitas tinggi membuat tubuh kita memproduksi keringat dalam jumlah lebih besar dibandingkan biasanya. Seperti yang kita tahu, penyebaran Corona bisa melalui cairan yang keluar dari tubuh. Bisa berupa air liur, lendir dari hidung, ataupun keringat.

Untuk itu, pastikan olahraga yang dilakukan tidak terlalu berkeringat, misalnya yoga. Penelitian yang dilakukan Universitas Boston 2018 menemukan yoga dapat mengobati gejala kecemasan dan depresi jangka pendek maupun panjang karena membantu membangun fleksibilitas, kekuatan, dan pengaturan napas.

4. Mainkan game jadul

Puzzle
Main puzzle (Sumber: Lakeside Collection)

Permainan masa kecil yang mengasah kognitif sepeti puzzle, teka teki silang, atau sudoku perlu kamu lakukan. Sebuah studi tahun 2019 dari University of Exeter mengungkapkan permainan jadul bagus untuk kesehatan pikiran. Permainan semacam ini mengurangi gejala depresi. Permainan ini juga membuktikan manfaat kesehatan mental dan kognitif. (avia)

Baca juga:

Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation Terbitkan Pedoman Penanganan COVID-19

Kredit : iftinavia

hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5