Lakukan Hal Sulit Tingkatkan Kinerja Otak Belajar alat musik yang tidak pernah Anda mainkan dapat mengaktifkan emosi yang berguna untuk meningkatkan kinerja otak Anda (Foto: Pexels/Yose Fratama)

ANDA tentu ingin otak Anda dapat berfungsi optimal saat ini, besok, hingga seumur hidup. Lalu apa yang dapat dilakukan? Ternyata solusinya bukan melulu melalui proses kognitif, di mana puzzle dan permainan kecerdasan dapat membantu. Emosi yang kuat pun dapat meningkatkan fungsi penting lainnya pada otak.

Untuk dapat mempertahankan efek positif emosi terhadap otak ini, caranya mudah. Berhentilah melakukan hanya pekerjaan mudah dan menyenangkan. Dorong diri Anda sedikit melebihi batas kemampuan Anda biasanya, secara fisik atau pun mental. Dengan keluar dari zona nyaman, maka akan ada gejolak-gejolak emosi dalam diri Anda, dan itu baik bagi otak Anda.

Apa saja contohnya? Berikut ini empat ide yang bisa Anda lakukan.

1. Belajar memainkan alat musik

Sebutkan salah satu alat musik yang sama sekali belum pernah Anda mainkan sebelumnya. Lalu, berilah tugas pada diri sendiri untuk dapat memainkan sebuah lagu. Sedikit menambah tekanan, tentukan tenggat waktu untuk belajar, pastikan tidak ada kesalahan, dan mainkan di hadapan keluarga serta teman-teman Anda.

2. Belajar bahasa yang tidak Anda tahu

Anda dapat mencoba belajar bahasa yang tidak pernah Anda tahu. Atau, jika Anda tahu satu bahasa tapi hanya sedikit, cobalah bawa ke tingkat selanjutnya. Baca satu buku dalam bahasa tersebut, kemudian tentukan batas waktu untuk Anda menyelesaikannya (membaca dan memahami). Jika memungkinkan, Anda bisa praktik untuk berbincang langsung dengan orang asli pengguna bahasa tersebut, baik di lokasi Anda atau berkunjung ke negaranya.

3. Mendaftar lomba lari

Jika Anda biasanya hanya jogging santai, cobalah ikut lomba lari. Tidak hanya lari, Anda juga bisa menantang fisik Anda di olahraga lainnya, misalnya ikut program 20FIT, kick-boxing, atau mendaki gunung. Pastikan Anda berkomitmen terhadap target dari setiap kegiatan fisik tersebut. Dan pastikan itu adalah kegiatan fisik yang membutuhkan usaha keras Anda lebih dari yang biasanya.

4. Tampil di atas panggung

Anda terbiasa di belakang layar? Cobalah maju ke panggung, entah untuk berpidato, memberikan sambutan, menjadi moderator atau MC, hingga unjuk kebolehan. Jika Anda orang yang terbiasa berbicara di depan umum, cobalah melakukan improvisasi, akting, atau bernyanyi. Apa pun itu, haruslah merupakan satu tantangan besar bagi Anda. Jika bukan hal yang sulit, maka tidak ada faedahnya bagi Anda. (*)

Baca juga artikel tips lainnya di sini: 3 Alasan Berkebun Bisa Jadi Terapi Stres.

Sumber : https://www.inc.com/minda-zetlin/want-a-lifetime-of-better-brain-function-science-says-change-this-one-habit-its-.html


Asty TC

LAINNYA DARI MERAH PUTIH