Lakukan Hal Ini agar Idul Fitri Terasa Berkesan Lakukan langlah sederhana untuk Lebaran lebih berkesan. (foto: pulse)

SETELAH menjalankan satu bulan penuh berpuasa di bulan suci Ramadan, kini saatnya menyambut Hari Raya Idul Fitri. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyambut datangnya Idul Fitri agar terasa lebih berarti.


1. Bersihkan Rumah

Rumah bersih bikin tamu nyaman. (foto: pixabay)

Momen Idul Fitri dijadikan ajang untuk bersilaturahim dengan keluarga dan sahabat. Pada hari tersebut, kita menyambangi rumah keluarga. Tak jarang pula rumah kamu yang disambangi sahabat atau keluarga. Supaya tamu nyaman dengan rumah kamu, bersihkan rumah sebelum Idul Fitri. Rumah yang rapi dan bersih menambah kehangatan di dalamnya.


2. Siapkan Hadiah

Pilih hadiah sederhana, tapi sesuai harapan. (foto: pixabay)

Salah satu tradisi yang dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri ialah memberikan 'amplop' untuk sahabat atau keluarga. Berikan hadiah untuk menambah senyum di wajah mereka. Hadiah yang sesuai keinginan si penerima menunjukkan perhatianmu pada sekeliling. Belilah hadiah sebelum berkunjung ke rumah saudara atau teman. Hadiah tak harus mahal. Bingkisan sederhana, tapi sesuai harapan akan lebih berkesan.


3. Rayakan dengan Makan Malam Bersama Keluarga

Makan bersama anggota keluarga di hari terkahir Ramadan. (foto: mprnews)

Keberhasilan menjalankan puasa dan ibadah lainnya di bulan suci Ramadan patut diapresiasi. Buatlah perayaan kecil di rumah dengan makan bersama anggota keluarga. Perpaduan tawa hangat anggota keluarga, masakan lezat, dan suara sayup-sayup gema takbir menambah syahdu malam terakhir berpuasa.


4. Istirahat Lebih Awal

Tidur lebih awal agar fresh esok hari. (foto: pixabay)

Selama Ramadan, kamu kerap tidur lebih larut atau bangun lebih awal. Berbagai aktivitas kamu lakukan pada malam Ramadan, seperti salat tarawih, ibadah malam, hingga menyiapkan makanan sahur. Menjelang Idul Fitri, kamu tak perlu lagi melakukan kebiasaan demikian. Manfaatkan waktu untuk istirahat lebih awal agar tubuh lebih fresh saat salat Idul Fitri.

Siapa sangka, hal-hal sederhana seperti itu membuat Lebaran kamu jadi lebih berkesan. Selamat berkumpul bersama keluarga.(Avi)

Kredit : iftinavia


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH