Lakukan Diet Sesuai dengan Golongan Darah Kamu Golongan darah dapat menentukan pkla diet kamu. (Foto: Pixabay/mohammed_Hassan))

DIET menurut golongan darah sebenarnya bukanlah hal yang aneh lagi. Beberapa waktu yang lalu car diet ini sempat menjadi tren. Ada pola makan yang harus diikuti sesuai dengan golongan darah kamu.

Ada 4 jenis golongan darah yaitu A, B, AB, dan O pada manusia. Coba cek darah kamu kalau belum mengetahui golongan darah, bisa dilakukan di klinik medis terdekat atau puskesmas. Laman health.harvard.edu, mengungkapkan cara diet menurut golongan darah.

Baca Juga:

Ternyata Biji Mangga Juga Punya Manfaat

Golongan darah O

diet
Brokoli salah satu sayuran yang disarankan untuk tipe golongan darah O. (Foto: pixabay/RitaE)


Buat kamu yang memiliki golongan darah O harus memilih makanan berprotein tinggi, daging, sayuran, ikan dan buah-buahan. Namun harus membatasi mengonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan. Untuk menurunkan berat badan, golongan darah O disarankan untuk membuat menu makanan dari laut, rumput laut, daging merah, brokoli, bayam dan minyak zaitun. Yang harus dihindari oleh golongan darah ini adalah gandum, jagung dan susu.


Golongan darah A

diet
Kedelai merupakan salah satu makanan penunjang diet bagi tipe golongan darah A. (Foto: Pixabay/rawpixels)


Pemilik golongan darah A harus memilih buah, sayuran, tahu, makanan laut, kalkun, dan biji-bijian utuh tetapi hindari memakan daging. Jika ingin menurunkan berat badan, tipe darah ini disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung makanan laut, sayuran, nanas, minyak zaitun, dan kedelai. Yang harus dihindari golongan darah ini hampir sama dengan golongan darah O yakni susu, gandum, jagung, dan kacang merah.

Baca Juga:

Wasabi, Si Hijau yang Menyehatkan


Golongan darah B

diet
Telur sangat disarankan bagi diet tipe golongan darah B. (Foto: Pixabay/Stevepb)

Mereka yang memiliki darah tipe B harus memilih makanan yang agak beragam termasuk daging, buah, susu, makanan laut, dan biji-bijian. Untuk menurunkan berat badan, kamu harus memilih sayuran hijau, telur, hati, dan teh licorice. Kemudian harus menghindari ayam, jagung, kacang tanah, dan gandum.

Golongan darah AB

diet
Golongan darah AB sangat disarankan mengonsumsi tahu untuk program dietnya. (Foto: Pixabay/Devanath)

Orang dengan golongan darah AB diharuskan megonsumsi susu, tahu, ikan, biji-bijian, buah, dan sayuran. Untuk menurunkan berat badan harus mengonsumi tahu, makanan laut, sayuran hijau, dan rumput laut. Golongan darah ini harus menghindari ayam, jagung, gandum, dan kacang merah. (iel)

Baca Juga:

Jangan Nangis di Pojokan, Ini Daftar Makanan Pereda Galau


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH