Lakukan Cara ini untuk Hindari Sariawan Di cuaca panas, hindari sariawan dengan langkah mudah. (foto: mediCorp)

DI cuaca yang tengah panas ini, penyakit akan lebih mudah menyapa. Sariawan jadi yang acap datang ketika kondisi tubuh sedang tidak baik. Kurangnya asupan gizi, seperti makanan sehat bervitamin dan tidak minum air yang cukup jadi penyebabnya.

NHS melansir cara terbaik terhindar dari sariawan. Tak perlu menggunakan obat ataupun antibiotik, cukup hidup sehat dan teratur ternyata lebih daripada cukup.

BACA JUGA: Bantu Atasi Insomnia, 4 Minuman Pemicu Rasa Kantuk


1. Hindari Makanan Tertentu

food
Hindari makanan tertentu. (foto: pixabay/baohm)


Jika kamu sedang memiliki kondisi yang tidak baik, lebih baik kamu menghindari beberapa makanan tertentu, yakni cokelat, makanan pedas, kopi, kacang, stroberi, keju, dan tomat.

Menurut NHS, mengonsumsi makanan tersebut memiliki risiko tinggi untuk membuat dirimu sariawan, apalagi jika kamu dalam kondisi yang tidak baik.

2. Minum Air Mineral secara Teratur

water
Minum air yang cukup. (foto: pixabay/congerdesign)


Kurangnya mengonsumsi air mineral ternyata bisa membuat tubuh kamu mudah terserang penyakit. Cobalah untuk mengonsumsi air mineral sebanyak delapan gelas setiap hari. Selain terhindar dari penyakit, banyak efek positif yang akan membuatmu sehat luar dalam.

3. Gosok Gigi dengan Sikat Lembut

tooth brush
Gosok gigi dengan lembut. (foto: pixabay/jenny friedrichs)


Menggosok gigi dengan sikat lembut juga akan membuat gusi dan bagian oral kamu tidak teriritasi

Jika tidak memiliki sikat gigi dengan sikat yang lembut, kamu boleh mencoba untuk menggosok gigi dengan lembut dan tidak keras secara tergesa-gesa.

4. Makan Makanan Bervitamin

milk
Minum susu untuk menjaga asupan vitamin. (foto: pixabay/coleur)


Biasanya sariawan datang ketika kamu kekurangan vitamin B12 dan zat besi dalam tubuh. Kamu boleh saja mengonsumsi makanan, seperti telur, daging sapi, yogurt, ataupun susu ketika tubuh kamu sedang tidak baik, atau sekadar ingin hidup sehat dan teratur.

5. Hindari Kondisi Stres dan Cemas

happy
Kendalikan stres. (foto: pixabay/jill wellington)


Memiliki emosi yang tidak baik akan membuat dirimu lebih mudah terserang penyakit. Sariawan juga bisa datang kepadamu.

Cobalah untuk hidup sehat seperti berolahraga, mengurangi kafein dalam tubuh, dan bersosialisasi dengan keluarga maupun kerabat akan membuat stres dalam diri berkurang.(dys)

BACA JUGA: Jangan Coba-Coba Menahan Kencing, Infeksi Saluran Kemih Mengintai



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH