Lakukan 3 Hal Ini Setiap Hari Untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu Belajar meditasi untuk melepaskan pikiran. (Foto- Unsplash/Lesly Juarez)

PEMBERITAHUAN seputar COVID-19 dan dampak besar yang disebabkannya tentu membuat kita merasa tidak nyaman. Masa-masa sulit yang kita rasakan selama hampir setahun ini juga berpotensi untuk mempengaruhi kesehatan mental kita. Dilansir dari Huffington Post, berikut merupakan saran dari psikoterapis dan psikolog mengenai cara menjaga kesehatan mentalmu setiap harinya.

BACA JUGA:

3 Alasan Kamu Gemetaran Sehabis Olahraga

1. Meditasi

Belajar meditasi untuk melepaskan pikiran. (Foto: Unsplash/Lesly Juarez)
Belajar meditasi untuk melepaskan pikiran. (Foto: Unsplash/Lesly Juarez)

Meditasi menjadi satu hal yang bisa membantu menjaga kestabilan mental kamu. Psikoterapis spesialis perawatan kesehatan mental integratif, Dr Krystina Patton, mengatakan kepada HuffPost bahwa meditasi bisa menjadi olahraga bagi otakmu.

"Jika kamu menganggap otak sebagai otot yang selalu kamu gunakan setiap saat, sangatlah bagus jika kamu menyisihkan sedikit waktu untuk menggunakannya (otak) setiap hari," tambah Patton.

Ia juga menambahkan bahwa meditasi bisa membuat kita berpikir lebih jelas dan memiliki kestabilan emosi, bukan malah dipengaruhi dan digerakkan oleh emosi. Duduk dengan nyaman dan fokus bernapas bisa membuat otakmu lebih fokus pada keadaan saat ini ketimbang stuck pada masa lalu atau terlalu memikirkan masa depan.

2. Menyadari apa perasaanmu sendiri

Waspada gangguan kesehatan mental selama pandemi (Foto- Pixabay/Free-Photos)
Waspada gangguan kesehatan mental selama pandemi (Foto- Pixabay/Free-Photos)

Sebagai manusia, kita tidak bisa memilih untuk tidak berperasaan. Perasaan selalu menyertai hidup kita, namun kadang kita tidak bisa menamai atau membicarakan perasaaan kita. Patton mengatakan bahwa kita cenderung tidak bisa mengatasi emosi yang sulit dengan baik. Bahkan ketika anak-anak, kita diharuskan untuk berhenti ketika sedang menangis. "Padahal, kamu tidak bisa selalu memperbaiki atau mengabaikan apa yang kamu rasakan," ungkap Patton.

Menyadari apa emosi yang sedang kamu rasakan dan membagikannya dengan orang terdekat bisa menawarkan kedamaian dan kejernihan dalam berpikir.

"Ketika kamu membicarakan tentang apa yang kamu rasakan ketimbang menyimpannya, kamu sesungguhnya membiarkan kecemasan keluar dari dirimu dan mengonfrontasi emosi sulitmu sendiri," ungkap Gabrielle Stannus, psikoterapis teregistrasi kepada Huffington Post.

BACA JUGA:

Cewek Nembak Cowok Duluan? Siapa Takut

3. Temukan momen bahagia bagimu sendiri

Coba bagikan perasaanmu kepada orang terpercaya. (Foto- Pixabay/RyanMcGuire)
Coba bagikan perasaanmu kepada orang terpercaya. (Foto- Pixabay/RyanMcGuire)

Stannus mengatakan bahwa biasanya banyak klien-kliennya yang berusaha untuk mencari momen-momen kebahagiaan. Ia mengatakan bahwa mampu 'be present' dan menghargai tiap momen yang bisa membuatmu tersenyum sangat mampu untuk menjaga kesehatan mentalmu setiap hari. Mulai sekarang, ingat-ingat lagi sebelum tidur tentang apa hal yang membuatmu tersenyum sepanjang hari, walau hal kecil sekalipun. (SHN)

Kanal
Tag