Lahirkan Politisi Kristen yang Berintegritas, Ini Masukan PGI Pengamat Politik sekaligus Humas Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Jerry Sumampaou. (MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Pengamat Politik sekaligus Humas Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Jerry Sumampaou prihatin terkait banyaknya politisi yang tertangkap tangan karena korupsi dan tersandung tindakan amoral.

Terkait hal itu, dia berharap ada semacam pelatihan dan pembekalan bagi mereka yang serius terjun ke dunia politik. Hal ini juga yang ingin diterapkan kepada politisi Kristen yang akan mendaftarkan diri menjadi calon anggota legislatif.

"Kita ingin bagaiman politisi kristen punya warna, karakter sendiri. Tidak mudah dipengaruhi godaan yang ada. Karena itu komitmennya harus kuat," kata Jerry saat ditemui di Gedung Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) Salemba usai seminar 'Bagaimana menghadirkan politisi Kristen yang cerdas dan berintegritas', Jumat (19/1).

Untuk itu, kata dia, harus ada pendidikan politik bagi orang yang ingin mengabdikan diri di jalur tersebut.

"Seperti pelatihan, pertama untuk menanamkan moralitas dan integritas. Saya kira semua agama sama hanya bentuk penghayatannya yang berbeda soal ini," ujarnya.

Selanjutnya, membekali politisi agar mampu berbuat sesuatu dan membangun pemahaman bahwa berpolitik bukan untuk mengejar jabatan semata.

"Membangun kesadaran menjadi politisi bukan untuk mendapat keenakan, jabatan, fasilitas tapi untuk melayani dan pengabdiannya itu yang harus menonjol," imbuhnya.

Lalu, membangun sense dan kepekaan terhadap permasalahan ril masyarakat.

Terakhir, menanamkan pemahaman aturan, teknis pertarungan dan bagaimana agar bisa duduk di posisi tertentu dengan cara yang lebih bermartabat.

"Kita yakin kalau dalam proses awal sudah melakukan manipulasi, money politik, ke depannya sudah dipastikan agak sulit berharap kepada orang seperti ini," tandasnya. (Fdi)


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH