Lagu-Lagu Langganan Mal Saat Ramadan, Musiknya Bikin Hati Adem! Maher Zain. (Foto: Instagram/@maherzain)

RAMADAN di Indonesia bisa dibilang istimewa. Selain membuat orang terkesan lebih religius, Ramadan juga bisa membuat suasana menjadi berbeda.

Biasanya selama Ramadan bermunculan pasar kaget yang jualan rupa-rupa takjil. Belum lagi banyak bazaar menawarkan barang-barang khas bulan puasa. Barang-barang berlabel diskon j

juga biasanya membanjiri mal.

Enggak kalah seru, kamu juga bakal sering mendengar lagu-lagu religi disetel di mal. Yang disebut terakhir ini sudah jadi langganan mal berpuluh-puluh tahun lamanya. Mencoba bernostalgia, Merahputih.com menyambangi beberapa mal di Tangerang dan Bandung untuk mengintip playlist mereka. Berikut lagu-lagu religi langganan mal.

1. Ada Anak Bertanya pada Bapaknya

Bimbo
Bimbo. (Foto: Facebook)

Bimbo memang legendaris. Berpuluh-puluh tahun lamanya lagu-lagu religi mereka berkumandang di mal setiap kali Ramadan tiba. Salah satu lagu klasik Bimbo yang kerap diputar di mal adalah ‘Ada Anak Bertanya pada Bapaknya’.

Mendengar liriknya, lagu berusia lebih dari 40 tahun ini memang pas banget untuk Ramadan. Nih nukilannya. Ada anak bertanya pada bapaknya/Buat apa berlapar-lapar puasa/Ada anak bertanya pada bapaknya/Tadarus tarawih apalah gunanya.

2. Sajadah Panjang

Bimbo
Grup musik legendaris Bimbo tetap eksis hingga sekarang. (Foto: Facebook)

Ada sajadah panjang terbentang/Dari kaki buaian/Sampai ke tepi kuburan hamba/Kuburan hamba bila mati. Nukilan lagu ‘Sajadah Panjang’ dari Bimbo ini juga sering diputar di mal selama Ramadan. Musik dan vokal lagu ini amat khas.

Kalau lagi jalan-jalan sendiri di mal karena melow, musik dan lirik ‘Sajadah Panjang’ juga bisa bikin baper. Karena mengingatkan pada kematian.

3. Tombo Ati

Opick
Lagu 'Tombo Ati' dari Opick menjadi langganan mal saat Ramadan. (Foto: Instagram)

Selain Bimbo, lagu dari Opick juga sering terdengar di mal. Kalau lagu-lagu Bimbo usianya rata-rata sudah puluhan tahun, lagu penulis sekaligus penyanyi asal Jember ini baru belasan tahun. Salah satu karya Opick yang biasa diputar di mal adalah ‘Tombo Ati’.

Dirilis pada 2005, lagu ini menjadi langganan mal saat Ramadan. Mendengar ‘Tombo Ati’ di mal membuat hati langsung terasa adem. Bahkan, ngalah-ngalahin ademnya penyejuk udara di mal. Kamu ngerasain hal yang sama enggak, guys?

4. Akhirnya

Gigi
Lagu 'Akhirnya' dari Gigi kerap membahana di mal saat Ramadan tiba. (Foto: Facebook)

Lagu ‘Akhirnya’ dari Gigi jadi langganan mal kala Ramadan. Sama seperti ‘Tombo Ati’, lirik lagu ‘Akhirnya’ juga bisa bikin kamu terenyuh. Terasa amat menyentuh lantaran mengingatkan pada kesalahan-kesalahan masa lalu. Apalagi Armand Maulana melantunkannya dengan penuh penghayatan. Melihat penyanyinya, lagu ini cocok buat mal yang sering dikunjungi anak muda.

5. Demi Masa

Raihan
Lagu religius grup nasyid asal Malaysia, Raihan, jadi langganan Ramadan. (Foto: Instagram)

Bukan cuma lagu dari musisi Tanah Air yang jadi langganan mal. Grup nasyid asal Malaysia, Raihan juga sering diputar lagunya saat Ramadan. ‘Demi Masa’ karya mereka menjadi salah satu lagu andalan mal di bulan puasa. Meski telah lama dirilis, 2007, lagu bergenre pop ini tetap enak didengarkan lo.

6. Insya Allah

Maher Zain
Maher Zain. (Foto: Instagram)

Berhubung pernah terbawa demam Maher Zain beberapa tahun lalu, lagu-lagu religi penyanyi asal Swedia keturunan Libanon ini seolah nempel di telinga. Begitu mendengar lagu ‘Insya Allah’ membahana di mal, hati langsung berteriak, “Ini lagunya Maher!”

Pria kelahiran 1981 ini memang memiliki banyak fans di Indonesia. Jika pernah menghadiri konsernya, kamu bakal merasakan energi positif dari penyanyi ganteng bersuara indah ini. Pas banget kalau mal memutar lagunya untuk memberi energi positif kepada pengunjung.

Dari enam lagu tersebut, kamu familiar dengan nomor berapa, guys? (*)

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH