Lagu-lagu Populer Ibu Soed yang Sudah Mulai 'Sayup' Terdengar

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Minggu, 26 Maret 2017
Lagu-lagu Populer Ibu Soed yang Sudah Mulai 'Sayup' Terdengar
Ibu Sud (Istimewa)

Jika bertemu dengan tukang odong-odong keliling, kita masih sering mendengar lagu anak-anak pada era 1970 atau 1980-an. Tidak hanya pada tukang odong-odong saja, arena permainan yang kerap digelar di pasar malam, juga masih kerap memperdengarkan lagu-lagu tersebut. Ya, lagu-lagu ciptaan Saridjah Niung atau lebih dikenal dengan Ibu Soed.

Pada era itu lagu-lagu itu juga menjadi salah satu lagu yang wajib dihafalkan oleh anak-anak di sekolah. Karena setiap kali pelajaran kesenian, satu per satu anak-anak bergiliran menyanyikan lagu-lagu tersebut di depan teman-temannya satu kelasnya.

Namun, saat ini, lagu-lagu itu sudah sayup-sayup terdengar, dan nyaris tidak diketahui oleh anak-anak di zaman sekarang. Kita hanya kerap mendengarkan pada tempat-tempat permainan pinggiran, itupun sudah mulai tergerus oleh lagu-lagu masa kini; bahkan anak-anak sekarang lebih banyak menghafal lagu-lagu orang dewasa ketimbang lagu-lagu anak-anak yang lebih menginspirasi.

Apa saja lagu-lagu Ibu Soed yang dulu sangat populer di kalangan anak-anak dan saat ini sudah mulai sayup-sayup terdengar?

1. Lagu "Naik Becak"
Saya mau tamasya
Berkeliling keliling kota
Hendak melihat-lihat keramaian yang ada
Saya panggilkan becak
Kereta tak berkuda
Becak, becak, coba bawa saya

Saya duduk sendiri sambil mengangkat kaki
Melihat dengan asyik
Ke kanan dan ke kiri
Lihat becakku lari
Bagaikan tak berhenti
Becak, becak, jalan hati-hati

Lagu ini adalah karya Ibu Sud yang sangat populer. Namun lagu ini sekarang sudah mulai sayub terdengar. Lagi ini juga pernah dipopulerkan oleh beberapa penyayi cilik Indonesia. Sehingga, dokumen lagu ini juga masih banyak terlihat di situs YouTube.

2. Lagu "Kebunku"
Lihat kebunku
Penuh dengan bunga
Ada yang putih,
dan ada yang merah
Setiap hari
kusiram semua
Mawar melati,
semuanya indah!

Lagu Kebunku ini juga menjadi salah satu lagu yang sangat populer yang diciptakan oleh Ibu Sud. Pada era 1970 hingga 1980-an, lagu ini menjadi salah salah satu lagu yang paling banyak dihafalkan oleh anak-anak sekolah kala itu, terutama untuk anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah TK dan SD.

3. Lagu "Pelangi"
Pelangi pelangi
Alangkah indahmu
Merah, kuning, hijau
Di langit yang biru

Pelukismu Agung, siapa gerangan
Pelangi, pelangi, ciptaan Tuhan!

Sampai sekarang lagu ini masih populer di kalangan anak-anak, karena masih ada beberapa orang tua, terutama ibu-bu yang masih menghafal lagu ini dan sering ia nyanyikan untuk menghibur anak maupun cucunya. Namun, itu pun sudah jarang. Ini juga menjadi salah satu lagu ciptaan Ibu Sud yang sudah mulai sayup terdengar.

4. Lagu "Burung Kutilang"
Di pucuk pohon cemara
Burung kutilang berbunyi
Bersiul-siul sepanjang hari
Dengan tak jemu jemu
Mengangguk angguk sambil berseru
Trilili lili lilili

Sambil berlompat lompatan
Paruhnya slalu terbuka
Digeleng gelengkan kepalanya
Menentang langit biru
Tandanya suka ia berseru
Trilili lili lilili

Lagu Burung Kutilang, pada era 1970 hingga 1980-an. tidak hanya dihafal oleh anak-anak saja. Para orang tua, terutama ibu-ibu juga banyak menghafal lagu ini. Lagu ini biasanya dinyanyikan, selain untuk menghibur anak-anaknya, juga untuk mengenalkan tentang seekor burung kutilang yang suaranya sangat merdu. Saat ini, tidak hanya lagunya saja yang mulai sayup-sayup terdengar, tapi juga keberadaan burung dalam lagu tersebut. Sudah mulai punah karena perburuan manusia.

5. Lagu "Kupu-kupu"
Kupu-kupu yang lucu
Ke mana engkau terbang
Hilir mudik mencari
Bunga-bunga yang kembang
Berayun ayun
Pada tangkai yang lemah
Tidakkah sayapmu
Merasa lelah

Kupu-kupu yang elok
Bolehkah saya serta
mencium bunga-bunga
yang semerbak baunya
Sambil bersendau
Semua kau hampiri
Bolehkah kuturut
Bersama pergi

Nah, kalau lagi yang ini, Kupu-kupuku, lagu yang paling banyak disukai oleh anak-anak perempuan kala itu. Anak-anak perempuan kala itu banyak menyukai lagu ini karena syairnya menceritakan tentang indah dan cantiknya kupu-kupu yang berterbangan di antara bunga-bunga yang cantik. Lagu ini juga sudah mulai sayup terdengar.

Untuk diketahui, Saridjah Niung atau lebih dikenal dengan Ibu Soed adalah seorang pemusik, guru musik, pencipta lagu anak-anak, penyiar radio, dramawan dan seniman batik Indonesia. Lagu-lagu yang diciptakan Ibu Soed sangat terkenal di kalangan pendidikan Taman Kanak-kanak Indonesia.

Jangan lupa juga untuk mengikuti artikel lainnya, yaitu tentang: Inilah 5 Mainan Edukasi yang Menjadikan Anak Lebih Pintar

#Anak-anak #Musik Indonesia #Lagu Anak-anak
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan