Lagu 'Dir Dur Daeng' Bikin Jualan Sarino Jadi Sukses

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 08 September 2022
Lagu 'Dir Dur Daeng' Bikin Jualan Sarino Jadi Sukses
Sarino, penjual kelapung yang viral di TikTok. (Foto: Youtube/Rino99)

Der bang dik kis doun, der bang ding doun, dir dur daeing... Penggalan lirik lagu 'abstrak' ini menjadi viral di media sosial berkat sosok pedagang bernama Sarino. Siapa sangka lantunan irama yang membuat bingung banyak orang tersebut menjadi berkat tersendiri untuknya.

Sarino menjadi viral di TikTok karena membuat parodi lagu ciptaan Latief Khan yang berjudul Maya. Sarino mengaku bahwa ia awalnya hanya iseng membuat video menyanyikan lagu Dir Dur Daeng dan tidak hafal lirik lagu aslinya.

Akhirnya, keluarlah kata-kata acak tersebut. Beberapa video TikTok-nya pun ditonton jutaan kali dan sukses menghibur para pengguna. Tak heran, saat ia sedang live TikTok, beberapa orang akan memintanya menyanyikan lagu Dir Dur Daeng.

Selain piawai dalam membuat parodi lagu, pria asal Bangkalan, Madura ini juga jago dalam meracik makanan. Selain menjadi konten kreator, Sarino ternyata juga jualan camilan bernama kelapung alias kelapa campur tepung selama kurang lebih tujuh tahun. Ia kerap mangkal di depan salah satu sekolah dan jajanannya menjadi incaran banyak orang.

Baca juga:

Jualain dengan Menjadi Mitra Usaha Galon Air Mineral Berkualitas


Setiap hari, Sarino berjualan kelapung menggunakan sepeda motor berkeliling di daerah Sidoarjo, Jawa Timur. Sekilas, kelapung nampak seperti batagor atau gorengan biasa. Bahan dasar kelapung ini adalah adonan kelapa dan juga tepung. Keduanya dicampur dengan aneka bumbu dan penyedap rasa. Agar tekstur makanan lebih terasa, Sarino biasanya mencampurkan potongan sosis dan goreng adonan ke minyak panas.

Setelah kelapung selesai, akan disajikan dalam tiga varian rasa, yakni rasa manis dengan hamparan gula salju, asam pedas, dan pedas manis. Kelapung yang sudah ditaburi bumbu disajikan menggunakan tusuk sate.

Baca juga:

Bumijo Jualain Lewat Produk Ramah Lingkungan

Lagu 'Dir Dur Daeng' Bikin Jualan Sarino Jadi Sukses
Berjualan sambil menghibur anak-anak sekolah. (Foto: TikTok/sarino680)

Cara Sarino berjualan pun cukup unik, yakni dengan membawa mic karaoke ke mana pun pergi. Untuk menarik perhatian, Sarino biasanya akan menyanyikan secara langsung lagu Dir Dur Daeng di depan anak-anak sekolah atau pembeli lainnya. Pengalaman jajan kelapung pun menjadi menyenangkan karena hiburan dari Sarino.

Walaupun kesannya sederhana, dagangan Sarino ternyata laris manis. Bahkan dalam waktu enam jam, Sarino bisa menghabiskan lebih dari lima kilogram kelapung.

Kepopulerannya di TikTok ternyata menambah rezeki Sarino, yakni dengan menerima tawaran endorse mulai dari kaus, celana panjang, topi, hingga mempromosikan tempat usaha. Cara ia berjualan pun cukup unik, hanya dengan memegang produk lalu menyanyikan lagu Dir Dur Daeng dengan mic karaoke berwarna emas andalannya. (and)

Baca juga:

Lakon Store Gambarkan Jakarta Melalui Koleksinya di JF3

#September Warga +62 JUALAIN #TikTok #Viral
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan