7 Rings, Hits Ariana Grande yang Penuh dengan Kontroversi Kontroversi lagu 7 Rings Ariana Grande dengan tiga musisi lain (foto Instagram @arianagrande)

LAGU 7 Rings mungkin jadi salah satu lagu paling kontroversial sepanjang sejarah Ariana Grande dalam berkarir. Februari lalu, 7 Rings berada di puncak chart musik selama enam kali berturut-turut. Lagu ini sudah didengarkan lebih dari miliaran kali di seluruh dunia. Namun di balik kesuksesan ini, Ariana Grande mendapat berbagai kecaman karena dituduh meniru lagu dari musisi lain.

Kontroversi ini dimulai ketika Princess Nokia, rapper asal Amerika menulis tweet yang mengatakan bahwa Ariana Grande meniru lagunya. 7 Rings yang rilis Januari lalu dianggap mengikuti lagu Mine milik Princess Nokia yang muncul tahun 2016.

Baca Juga:

Empat Fakta Menarik Tentang 7 Rings, Lagu Terbaru dari Ariana Grande

Lewat video yang diunggahnya, rapper dengan nama asli Destiny Nicole Frasqueri ini merasa bahwa lagu 7 Rings terdengar familiar sambil menandai Ariana Grande. Ritme dan liriknya memang terdengar mirip dengan alur keduanya yang downbeat.

Lagu 7 Rings yang Dinyanyikan Ariana Grande Penuh dengan Kontroversi
Priness Nokia merasa ritme dan lirik 7 Rings dengan Mine mirip (foto: Instagram @princessnokia)

Tidak berhenti di sana, kabar tak sedap kembali mendatangi Ari. Soulja Boy, Rapper yang lagunya pernah berada di nomor satu Billboard Amerika ini menuduh Ariana Grande adalah pencuri.

Lewat akun twitternya @souljaboy, ia menulis "You're a thief" kepada Ariana Grande pada 19 Januari 2019. Soulja Boy merasa 7 Rings mengkopi lagunya yang pernah dirilis pada 2010 berjudul Pretty Boy Swag.

Selain menulisnya di Twitter, Soulja Boy juga mengunggah sebuah video di Instagram yang berisi perbandingan antara lagunya dengan 7 Rings.

View this post on Instagram

Arianaaaa?????? Ariana?!

A post shared by Soulja Boy (Drako) (@souljaboy) on

Seperti bagian dari lagu 7 Rings, Pretty Boy Swag punya satu bagian downbeat yang dinyanyikan Soulja Boy berbunyi seperti ini "this right here is my swag" dan melodinya terdengar mirip ketika Ari menyanyikan "my wrist, stop watchin, my neck is flossin".

Bukan hanya dua rapper itu saja yang menuduh Ariana Grande sebagai penjiplak. Fans dari 2 Chainz merasa ada kemiripan antara lagu Spend It yang rilis tahun 2011 dengan lagu 7 Rings.

Baca Juga:

Tato Baru Ariana Grande Dicibir Warganet, Ada Apa?

Reff yang ada di lagu 7 Rings dirasa mirip dengan reff di lagu Spend It. Di bagian reff, 2 Chainz menyanyikan bagian "It's mine, I spend it" dan ia merasa bagian ini mirip dengan 7 Rings ketika Grande menyanyikan "I got it" dan "just bought it".

Lagu 7 Rings yang Dinyanyikan Ariana Grande Penuh dengan Kontroversi
Reff lagu Spend It karya 2 Chainz mirip dengan lagu 7 Rings (foto: Youtube/2 Chainz)

Namun pendapat lain mengatakan bahwa mungkin sebenarnya Ariana Grande tidak mengikuti ketiga musisi ini sama sekali. Hanya saja banyak lagu rap yang punya ritme yang mirip mirip.

Hal ini dikenal dengan istilah Scotch Snap yang merupakan ritme melambung dengan kata pendek kemudian diikuti dengan kata-kata yang lebih panjang. Jadi ada kemungkinan bahwa Ariana Grande sebenarnya tidak bersalah dan bukanlah seorang peniru.

Baca Juga:

Album Thank U, Next Milik Ariana Grande Cetak Sejarah Baru

Akan tetapi kemiripan-kemiripan yang ada di antara keempat lagu ini menjadi tanda tanya besar. Apakah Ariana Grande memang meniru? Atau ini hanya sekedar dugaan karena iri hati saja? Dilansir dari Vulture, mereka mencoba menggabungkan keempat lagu ini dan berikut hasilnya.

(Video: YouTube/Vulture)

Bagaimana menurutmu? Apakah Ariana Grande menjiplak lagu-lagu dari musisi lain? Atau semua ini hanya kebetulan? (sam)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH