Lagi, WhatsApp Alami Gangguan, Warganet Ngeluh di Twitter Layanan WhatsApp mengalami gangguan pada Minggu (14/4). (foto: daily express)

LAYANAN berkirim pesan WhatsApp mengalami gangguan di sekitar Indonesia, Minggu (14/4). Gangguan itu mencakup traffic WhatsApp dalam transfer data dan pesan.

Menurut Chroniclelive.co.uk, Downdetector.co.uk mencatat sekitar 10 ribu komplain sejak pukul 17.00, Minggu (14/4).

Banyak pengguna yang tidak bisa menggunakan perangkat mereka untuk mengakses WhatsApp. Dari pesan yang tidak terkirim dengan baik, hingga telepon yang tidak tersampaikan. Beberapa warganet mengunggah keluhan di Twitter. Akibatnya, tagar #whatsappdown, #instagramdown, dan #facebookdown menjadi trending topic di Twitter.

twitter
Jadi trending topic di Twitter. (foto: screenshot Twitter)

Menurut Downdetector.co.uk, WhatsApp mengalami gangguan bukan hanya di Indonesia, melainkan secara global. Yang terutama di Malaysia, India, Saudi Arabia, hingga Spanyol. WhatsApp tidak dapat bekerja untuk perangkat ponsel dan laptop. Koneksi internet, SIM yang kamu gunakan, atau tipe perangkatmu tak menyebabkan gangguan terjadi.

Layanan WhatsApp bukan satu-satunya yang mengalami gangguan. Facebook dan Instagram juga ikut terpengaruh.

Seperti dilansir The Verge, Facebook juga pernah mengalami gangguan bulan lalu. Turunnya server ini dimulai sejak pukul 17.00, Minggu (14/4), sebulan setelah Facebook mengalami gangguan yang sama.

whatsappp
Facebook dan Instagram juga mengalami gangguan. (foto: XDA Developer)

Facebook, WhatsApp, dan Instagram tidak bisa diakses dalam beberapa jam tahun lalu. Namun, setelah 24 jam, Facebook akhirnya menyelesaikan masalah tersebut. Facebook menyalahkan server configuration change dan meminta maaf atas gangguan itu.(ald)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH