Lagi, Tiongkok Tutup Pasar Ikan Setelah Ditemukan Kasus Baru Corona

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 24 Juli 2020
Lagi, Tiongkok Tutup Pasar Ikan Setelah Ditemukan Kasus Baru Corona
Arsip foto: Pasar Huanan di Wuhan, China., tempat virus corona jenis baru dilaporkan muncul pertama kali. (ANTARA/HO-yehuoqingnian/mii)

MerahPutih.com - Satu lagi pasar ikan di Tiongkok ditutup setelah ditemukan kasus baru COVID-19. Penutupan terpaksa dilakukan pemerintah setempat untuk mencegah terjadinya penularan lebih luas.

Kali ini pasar ikan di Kota Dalian, Provinsi Liaoning, ditutup sementara disertai penghentian kereta metro bawah tanah. Seorang pekerja di perusahaan pengolahan ikan di pasar tersebut dinyatakan positif COVID-19.

Baca Juga:

Tiongkok Konfirmasi 14 Kasus Baru COVID-19, Penularan Lokal Terdapat di Xinjiang

Pasar ikan Liaoyu yang berjarak sekitar 3,3 kilometer dari Dalian Kaiyang ditutup total sejak Rabu (22/7) siang, demikian pernyataan seorang karyawan kantor pasar tersebut dikutip Global Times, Kamis (23/7).

Dalian Kaiyang merupakan perusahaan berskala besar yang mengintegrasikan proses, penelitian, pengembangan, penjualan, penyimpanan, dan ekspor-impor ikan.

Di perusahaan yang memiliki gudang pengawetan ikan berkapasitas 50.000 ton itulah ditemukan kasus COVID-19 pada seorang pekerjanya yang berusia 58 tahun.

Dok - Suasana sore hari di dalam Pasar Induk Xinfadi di Distrik Fengtai, Beijing, China, pada 19 Juli 2019. (ANTARA/M. Irfan Ilmie)
Dok - Suasana sore hari di dalam Pasar Induk Xinfadi di Distrik Fengtai, Beijing, China, pada 19 Juli 2019. (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

Awalnya pria tersebut mengalami gejala COVID-19 pada Kamis (16/7) sebelum dinyatakan positif oleh otoritas kesehatan setempat.

Semua karyawan Dalian Kaiyang dan pedagang di Pasar Liaoyu menjalani tes asam nukleat pada Rabu.

Pasar ikan Liaoyu yang berdiri di atas lahan seluas 12.000 meter persegi di kota pelabuhan di wilayah timur laut China itu mampu menampung 1.000 lapak pedagang ikan.

Baca Juga:

Vatikan Izinkan Pejabat Gereja yang Terlibat Pelecehan Seksual Diadili

Peristiwa itu sangat memukul industri perikanan di Kota Dalian yang telah menjadi sektor andalan.

Liaoyu merupakan pasar ikan ketiga di Tiongkok yang ditutup selama pandemi. Pasar ikan Huanan di Wuhan, Provinsi Hubei, pertama kali ditutup sejak ditemukan kasus COVID-19 pada akhir tahun lalu. Kedua, pasar ikan Xinfadi yang ditutup pada pertengahan Juni setelah ditemukan kasus baru pada pedagang ikan salmon. (Knu)

Baca Juga:

Bebas COVID-19 Sejak Tiga Bulan Lalu, Vietnam Umumkan 12 Kasus Baru

#Virus Corona #Tiongkok
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan