Lagi Merantau Ke Negara Lain? Tetap Rayakan Hari Kemerdekaan dengan Cara Ini Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk merayakan Hari Raya Kemerdekaan Indonesia di negara orang lain (Foto: Instagram/@kbridenhaag)

TIDAK menjadi alasan kamu tidak mengikuti euforia meriahnya hari raya kemerdekaan Indonesia saat berada di negara rantau. Boleh saja kamu sedang berada di negara orang, tapi kamu tetap memiliki darah warga Indonesia, camkan itu!

Sayang, mungkin saat kamu berada di negara Eropa, Asia atau Amerika tidak ada perayaan 17an. Rasanya rindu kan dengan suasana upacara bendera dan juga lomba-lomba 17an yang lucu-lucu. Tenang, kamu yang berada jauh dari tanah air bisa melakukan cara ini untuk merayakan Hari Raya Kemerdekaan Indonesia.

1. Mampir ke KBRI

(Foto: Instagram/@kbriroma)

Kamu harus tahu letak KBRI di negara kamu menetap. Inilah rumah kedua kamu saat berada di negara orang lain. Kamu akan merasakan suasana Indonesia saat mengunjungi KBRI saat tanggal 17 Agustus. Biasanya pihak KBRI akan mengadakan upacara bendera dan juga berbagai perlombaan lo. Ditambah lagi siapa tahu kamu bisa menambah koneksi dengan pegawai-Pegawai KBRI, sekalian cari kerja deh.

2. Bikin stan kuliner

(Foto: Instagram/@aditya_jung)

Untuk mengisi waktu berharga kamu saat hari raya di negara rantau, kamu bisa mencoba bikin pameran kecil. Pergilah ke pusat kota dan bangun stand kecil. Apa yang mau kamu jual? Tentu saja yang sangat mengundang perhatian orang lain yaitu kuliner khas Indonesia. Tapi harus ingat ya, minta izin dulu dengan pihak berwenang di sana. Selain itu kamu juga bisa membuat pertunjukan kecil di stand kamu seperti menampilkan tarian adat Indonesia.

3. Kumpul bareng WNI, lalu...

(Foto: Instagram/@kbri_ottawa)

Tidak perlu merayakannya besar-besaran. Kamu pasti tidak sendiri di negara orang lain. Masih banyak WNI di sana yang tentu kamu kenal. Di Hari Raya Kemerdekaan Indonesia kamu bisa ajak para WNI kumpul bareng. Lalu setelah kumpul apa yang kamu lakukan? Buat saja acara makan-makan dengan menu Indonesia. Lalu kamu bisa menonton film Indonesia bertema kemerdekaan bareng-bareng. Oh iya tempat kumpulnya mungkin bisa di salah satu rumah WNI.

4. Bagi-bagi suvenir Indonesia ke penduduk lokal

(Foto: Instagram/@kbridenhaag)

Kegiatan berbagi memang paling bermakna. Tunjukkan rasa kecintaan kamu dengan Indonesia dengan membagi-bagikan suvernir Indonesia ke penduduk setempat. Misalnya kamu bisa membuat bendera kecil atau stiker bendera Indonesia dengan quote keren. Karena ini gratis, supaya gak membebani kamu ajak WNI lain untuk patungan dan terlibat ya. Biar lebih keren kenakan pakaian batik saat membagikan suvernir khas Indonesia itu.

Nah Sahabat Merah Putih, jangan sedih gak bisa merayakan Hari Kemerdekaan di Negara orang lain ya, yang penting kamu kreatif! (ikh)

Baca juga: Makna Kemerdekaan Indonesia di Mata Intan Avantie

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH