Lagi, Jembatan Kaca di Tiongkok Pecahkan Rekor Dunia

TIONGKOK bulan ini baru membuka sebuah jembatan kaca yang menciptakan rekor dunia baru. Yap, jembatan sepanjang 526 meter ini berada di provinsi Guangdong yang rencananya akan digunakan untuk berbagai kegiatan.

Jembatan ini akan memberikan pengalaman yang tidak akan bisa dilupakan seumur hidup. Bayangkan jembatan penuh kaca dan bawahnya sungai indah memberikan kepuasan memacu adrenalin.

Baca juga:

6 Pemandangan Alam Terindah di Tiongkok

Melansir timesnownews, jembatan yang melintasi Huangchun di Lianzhou dan berada di atas sungai Lianjiang ini menjadi jembatan paling panjang di dunia. Karya spektakuler ini diresmikan pada 18 Juli 2020 sekaligus dengan peresmian pencatatan rekor dunia.

Saat peresmiannya, dua buah mobil melewati jembatan ini (Foto: YouTube/South China Morning Post)

Jembatan yang berada diatas sungai menakjubkan ini bisa menampung 500 turis sekaligus, mereka bisa berkumpul di tengah-tengah jembatan yang ada area cukup luas itu.

Karena diperuntukkan untuk turis maka jembatan ini hanya bisa dinikmati dengan menggunakan kaki, tidak bisa menggunakan sepeda atau kendaraan berat lainnya. Selain itu, akan disediakan wisata adrenalin seperti bungee jumping, flying-fox dan cat walk untuk acara fashion.

Lalu, kaca yang yang memiliki transparansi 99.15 persen bisa langsung melihat secara jernih ke bawah. Pijakan jembatan menggunakan kaca berlapis tiga yang dilaminasi, sehingga memiliki ketebalan 4.5 cm. Kabarnya pembuatan jembatan ini memakan waktu tiga tahun, dan mengeluarkan biaya sekitar 300 juta Yuan atau sekitar 630 miliar.

Baca juga:

Tak Cuma Tembok Besar China, Destinasi di Tiongkok ini enggak Kalah Menakjubkan



Selain itu, sebuah perusahaan pembuat mobil lokal, GAC, diundang untuk menguji kekokohan jembatan ini pada saat peresmiannya. Pada saat pengujian, dua mobil berjalan santai di atas jembatan yang jika ditotalkan beratnya mencapai empat ton.

Selain memecahkan rekor dunia, jembatan ini juga mendapatkan apresiasi sebuah rating dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Tiongkok. Sebelumnya, pada 2016 rekor jembatan kaca terpanjang ada juga di Tiongkok, yang terletak di Hunan dengan panjang 1400 kaki atau kurang lebih 426 meter.

Tiongkok memang memiliki lebih dari 2000 jembatan kaca yang berada di tempat-tempat wisata. Tujuannya adalah untuk menarik wisatawan lokal maupun dunia. (ray)

Baca juga:

Pekerja Gila! Coba Pecahkan Jembatan Kaca di Tiongkok



Ikhsan Digdo