Lagi Haid? Pantang Mengasup Makanan Ini Agar PMS tak makin parah, hindari makanan ini. (foto: pixabay/stockpic)

BEBERAPA perempuan kerap memiliki keinginan untuk makan makanan tertentu menjelang haid, mulai dari cokelat, makanan saji cepat atau makanan jenis lain. Namun, sebaiknya kamu pantang atau membatasi beberapa jenis makanan agar terhindar dari nyeri, sakit, dan kembung saat haid.

Salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari menjelang haid yaitu makanan saji cepat atau junk food. Meski lezat di lidah, makanan ini cenderung rendah nutrisi dan tinggi akan kandungan garam yang tidak baik untuk kesehatan, termasuk bagi perempuan menjelang dan saat haid.

BACA JUGA: Awas, Merokok Bisa Sebabkan Kebutaan

Selain makanan saji cepat, berikut beberapa makanan yang dilarang atau dibatasi konsumsinya saat haid.

1. Makanan berkadar garam tinggi

salt
Kurangi garam untuk menghindari kembung. (foto: pixabay/bru-no)

Hindari konsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi saat menjelang atau sedang haid. Hal ini bertujuan mengurangi gejala kembung dan retensi cairan. Untuk menyiasati konsumsi garam berlebih, kamu bisa mengganti camilan kentang goreng dengan kentang panggang yang cenderung kadar garam lebih rendah.

2. Makanan berkafein

cokelat
Kafein dalam cokelat bisa meningkatkan produksi asam lambung. (foto: pixabay/congerdesign)


Saat sedang haid atau menjelang haid, disarankan untuk menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein. Kandungan kafein dapat memicu kegelisahan, rasa cemas, dan sulit tidur atau insomnia yang turut andil terhadap perubahan mood kamu.

Selain teh, kopi juga dikenal dengan kandungan kafein. Sebaiknya batasi minuman soda, minuman berenergi, es krim cokelat atau minuman dan makanan lain yang mengandung kafein atau kopi. Kandungan kafein juga mampu menyebabkan peningkatan produksi asam lambung yang memicu terjadinya sakit maag sehingga menambah rasa tidak nyaman selama haid.

3. Makanan mengandung lemak tinggi

frensh fries
Hindari makanan berlemak agar tak kembung. (foto: pixabay/pratyksh)

Jenis makanan berlemak sebaiknya memang dihindari karena dapat menyebabkan kembung yang dapat terasa mengganggu, terutama saat haid. Makanan bererlemak yang sebaiknya dihindari meliputi daging berlemak, sosis, kue kering, keju, daging asap, makanan bersantan, dan biskuit.

4. Minuman mengandung alkohol

beer
Alkohol akan memperburuk PMS. (foto: pixabay/stocksnap)


Alkohol dapat memperburuk gejala premenstrual syndrome (PMS) dan dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah sehingga membuat kamu menjadi lebih sensitif dan cepat marah, gelisah, kelelahan, dan juga dapat menyebabkan sakit kepala.(*)

BACA JUGA: Perbaiki Nutrisi untuk Atasi Darah Rendah



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH