Lagi Galau Pilih Pekerjaan? Terapkan 3 Tips Ini

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 30 Juli 2019
Lagi Galau Pilih Pekerjaan? Terapkan 3 Tips Ini
Pastikan kamu memilih pekerjaan yang tepat. (foto: pixabay/kaboompics)

ENGGAK mudah memang menemukan pekerjaan impian. Segudang tantangan mungkin kamu temui untuk mendapatkan pekerjaan impian tersebut. Namun, ada kalanya kamu malah mendapatkan lebih daripada satu tawaran pekerjaan.

Kalau sudah begitu, kamu malah jadi galau memilih mana tawaran pekerjaan yang diambil. Jangan galau dan jangan resah. Kamu bisa menerapkan 3 tips dari JobStreet berikut untuk menentukan pilihan.

BACA JUGA: Bermain Sambil Belajar Bahasa Inggris Lewat 5 Game Ini


1. Sesuai dengan Passion

woman
Sesuaikan pilihan dengan passionmu.(foto: pixabay/shaila19)

Tanyakan pada dirimu sendiri, 'Akankah saya menyukai pekerjaan ini?'

Misalnya pekerjaan yang ditawarkan termasuk tipe yang mengharuskan banyak duduk di belakang meja dan jam kerja yang mengharuskan masuk pagi, belum tentu akan cocok untuk kamu yang lebih menyukai tipe pekerjaan yang dilakukan di luar kantor.

Pastikan tipe pekerjaan yang akan dilakukan ialah hal yang ingin kamu kerjakan untuk periode waktu yang panjang. Kalau pekerjaan yang ditawarkan hanya akan membuat kamu cepat bosan, lebih baik dipikirkan kembali untuk berkomitmen mengambil pekerjaan tersebut. Jangan mudah tergiur dengan tawaran tunjangan yang oke banget. Kalau kamu tidak enjoy dengan pekerjaan yang dilakukan, tunjangan tidak ada nilainya karena pekerjaan tersebut akan terasa berat dan sulit untuk dinikmati.

2. Tantangan?

business
Pekerjaan dengan tantangan membuat kamu selalu ingin berpacu. (foto: pixabay/rawpixel)

Tantangan dipercaya dapat meningkatkan kecintaan kamu pada pekerjaan. Alasannya, saat dituntut untuk menyelesaikan tantangan yang diberikan, kamu mungkin akan memiliki pertanyaan seperti, ‘Apakah saya bisa mengatasi tantangan ini? Seberapa sulit tantangan ini? Siapa yang bisa membantu saya untuk menyelesaikan masalah ini?’

Nah, pengetahuan serta pengalaman yang dimiliki akan menjadi aset penting agar tantangan tersebut terselesaikan dengan baik. Saat itu akan menjadi pembuktian kemampuan kamu dapat digunakan secara optimal, sehingga tantangan tersebut bisa diselesaikan dengan baik.
Memastikan bahwa pekerjaan yang akan dilakukan mampu memberikan tantangan yang cukup, akan menjadikan kamu seseorang yang andal di bidangnya. Tantangan yang dilakukan akan menjadi pembelajaran untuk meningkatkan keahlian dalam bekerja.

3. Jejaring yang Luas

people
Pilih yang memberi kesempatan memperluas jejaring. (foto: pixabay/stocksnap)

Tak kenal, maka tak sayang merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh. Jadikan pekerjaan yang akan dilakukan menjadi ajang bagi kamu untuk memperluas jaringan pertemanan dan profesional. Sebuah proyek besar yang tidak mungkin kamu lakukan sendiri.

Kamu pasti akan meminta bantuan dari rekan-rekan lainnya. Misalnya, sebuah acara pentas musik tidak lengkap tanpa keberadaan mitra media yang akan membantu untuk kegiatan publikasi. Untuk menjadikan hal itu terjadi, kamu tentu harus mencari media yang memiliki segmen yang sesuai dengan acara tersebut.

Pertemuan dengan mitra media yang bisa membantu kelangsungan acara tersebut bisa dijadikan kesempatan untuk memperluas wawasan kita lewat obrolan yang terjadi. Kamu enggak akan pernah tahu bahwa mereka bisa menjadi teman baik saat proyek tersebut selesai.

Bagaimana, siap menemukan pekerjaan impianmu?(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan